Ilustrasi buah durian (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi buah durian (JIBI/Solopos/Dok.)
Kamis, 27 Februari 2014 15:20 WIB Arif Wahyudi/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

2.500 Durian Disiapkan untuk Festival di Banjaroya

Solopos.com, KULONPROGO – sebanyak 2500 durian bergaransi  akan hadir dalam Kontes Durian Banjaroya, Minggu (2/3/2014) pukul 09.00-13.00 WIB.

Hanya saja tempat pelaksanaan kontes durian ini berubah. Tempat pelaksanaan yang semula direncanakan di Embung Banjaroya, dalam perkembangannya berubah tempat. Panitia pelaksana festival akan menlaksanakannya di Rest Area Pasar Bendo, Banjaroya, Kalibawang.

Koordinator Pelaksana Festival, Rokhmadu Inuhayi mengungkapkan, kontes durian merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan nama Banjaroya sebagai sentra durian terbaik. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mengontrol kualitas agar sebanding dengan harga durian Banjaroya yang notabene memang lebih tinggi karna rasanya khas dan banyak digemari oleh penggila durian.

“Dengan kegiatan festival durian ini kami berharap agar konsumen puas dan tidak kecewa terhadap durian Banjaroya,” ujarnya seperti disampaikan dalam rilisnya kepada wartawan, Kamis (27/2/2014).

Festival durian tahun ini dikemas dalam berbagai kegiatan, antara lain Kontes durian versi penggila durian, bazar durian, adu foto gila durian dan lelang durian Menorah Legit yang merupakan varian baru durian menoreh.

“Panitia telah merangkul lebih dari 50 pedagang durian untuk menyukseskan kontes ini,” tandasnya.

Dalam informasi lebih lanjut, panitia membeberkan, banyak jenis durian yang akan ditawarkan dalam beragam kisaran harga.

Kisaran harga mulai Rp 20.000 –  Rp. 100.000 untuk varian durian lokal dan Rp. 50.000 – 150.000 untuk varietas durian Menoreh baik kuning maupun Menoreh jambon. Jumlah ini masih bisa bertambah mengingat jumlah peserta dan pasokan durian dari petani juga masih bisa bertambah.

Ada sisi yang menarik dalam festival durian kali ini. Panitia memberlakukan sistem garansi durian. Maksudnya adalah pembeli akan mendapatkan garansi khusus ketika membeli durian. Apabila ternyata durian yang dia beli busuk atau kualitasnya tidak sesuai yang disebutkan penjualnya, maka pembeli akan mendapatkan gantinya.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tenaga gudang, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Meme, Tiang Listrik, dan Humor Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (21/11/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, esais yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com. Solopos.com, SOLO–Setelah foto dirinya terbaring sakit dengan berbagai peralatan medis menempel di tubuhnya beberapa waktu lalu…