Sport
Rabu, 26 Februari 2014 - 06:56 WIB

ZENIT VS DORTMUND, 2-4 : Dua Gol Cepat Jadi Faktor Penting Kemenangan Dortmund

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pemain Zenit Arshavin dan Witsel menghadang Dortmund's Marco Reus. JIBI/REUTERS/Alexander Nikola

Solopos.com, ST PETERSBURG — Borussia Dortmund memetik kemenangan 4-2 ketika dijamu Zenit St Petersburg di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Dua gol cepat Dortmund disebut sebagai faktor krusial dalam kemenangan tersebut.

Melawat ke Petrovski Stadium, Rabu (26/2/2014) dinihari WIB, Dortmund memulai pertandingan dengan amat menjanjikan setelah Henrik Mkhitaryan dan Marco Reus membuat tim tamu sudah memimpin 2-0 di lima menit awal.

Advertisement

“Membuat dua gol cepat sangatlah penting. Mereka benar-benar terpukul karenanya,” komentar kapten Dortmund Sebastian Kehl kepada Sky yang dikutip Reuters detiksport.

Di babak kedua Zenit sempat berusaha bangkit dan memperkecil ketinggalan melalui Oleg Shatov di menit ke-57. Namun, empat menit setelah itu Robert Lewandowski membuat keunggulan dua gol Dortmund tetap terjaga.

Advertisement

Di babak kedua Zenit sempat berusaha bangkit dan memperkecil ketinggalan melalui Oleg Shatov di menit ke-57. Namun, empat menit setelah itu Robert Lewandowski membuat keunggulan dua gol Dortmund tetap terjaga.

Penalti Hulk di menit ke-69 lantas membuat asa Zenit hidup lagi. Tetapi sekali lagi Dortmund merespons dengan cepat lewat gol kedua Lewandowski di menit ke-71.

Borussia Dortmund tampil agresif untuk menumbangkan tuan rumah Zenit St Petersburg. Unggul cepat di awal-awal babak pertama, Dortmund akhirnya menutup laga dengan kemenangan 4-2.

Advertisement

Diawali oleh kerjasama antara Robert Lewandowski dan Marco Reus, bola kemudian dibawa Reus ke dalam kotak penalti Zenit. Dia sempat terjatuh karena pengawalan bek lawan, tetapi bola yang lepas dicecar oleh Mkhitaryan, yang langsung melepaskan tendangan kaki kanan ke arah tiang jauh.

Semenit berselang, giliran Reus yang membobol gawang Zenit. Gol bermula dari serangan dari sisi kanan dan diselesaikan oleh Mkhitaryan dengan umpan silang. Bola kemudian diterima Kevin Grosskreutz di dalam kotak penalti yang langsung melakukan lay-off kepada Reus yang ada di sisi kanannya. Tanpa buang waktu, Reus langsung melepaskan tendangan terarah. 2-0.

Di babak kedua, Zenit mencoba bangkit. Tim besutan Luciano Spalletti tersebut lantas memangkas selisih skor menjadi 1-2 lewat Oleg Shatov di menit ke-57.

Advertisement

Hanya berselang empat menit dari gol Shatov tersebut, Dortmund memberikan respons. Mereka mencetak gol ketiga lewat Lewandowski.

Serangan dari sisi kanan dibangun. Bola kemudian diberikan oleh Lukasz Piszczek kepada Lewandowski, yang langsung menyelesaikannya lewat sebuah sepakan kaki kanan. 3-1 untuk keunggulan Dortmund.

Agresifnya laga ini berlanjut. Serangan yang dibangun oleh Zenit kemudian menghasilkan pelanggaran di kotak penalti Dortmund. Piszczek yang membuat pelanggaran itu kemudian mendapatkan kartu kuning dan Zenit mendapatkan tendangan penalti.

Advertisement

Eksekusi yang dilakukan Hulk tidak mampu dibendung Roman Weidenfeller. Zenit mendapatkan tali penyelamat. Namun, dalam kedudukan berselisih satu gol, Zenit malah kebobolan lagi. Dua menit setelah gol Hulk, Lewandowski kembali membobol gawang Zenit yang dikawal Juri Lodigin setelah menerima assist dari Reus. Skor berubah menjadi 4-2.

Dengan kemenangan ini, Dortmund pun berada di posisi yang amat nyaman sebelum melakoni pertandingan leg kedua di kandang sendiri. (JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif