News
Rabu, 26 Februari 2014 - 19:30 WIB

POLEMIK KBS SURABAYA : Giliran Anoa Jantan Mati

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga dengan didampingi pegawai Kebun Binatang Surabaya memberi makan gajah satu kebun binatang itu, Agustus 2013. (JIBI/Bisnis/Wahyu-Darmawan)

Solopos.com, SURABAYA — Seekor Anoa jantan koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) akhirnya mati karena sakit dan usia tua pada Rabu (26/2/2014).

Anoa berusia 19 tahun itu termasuk dalam daftar 84 satwa KBS yang mempunyai sakit, cacat dan berusia tua. Anoa yang memiliki nama latin Bubalus Depressicornis itu ditemukan mati dalam kandangnya pada sekitar pukul 11.30 WIB.

Advertisement

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Agus Supangat mengatakan satwa Anoa sejatinya memiliki usia maksimal sekitar 20 tahun.

“Dari hasil otopsinya ditemukan ada pembengkaan pada paru-paru. Hal itu yang membuat sulit bernafas,” katanya, Rabu (26/2/2014).

Agus mengatakan, anoa tersebut sempat menjalani perawatan intensif di KBS dengan memberikan vitamin dan gizi agar mampu bertahan hidup serta mendapat pengawasan sejak satu bulan yang lalu.

Advertisement

Sejak awal 2014, setidaknya ada 10 koleksi KBS yang mati, di antaranya adalah Gnu, singa, kambing gunung, rusa, 2 ekor kijang, komodo, Baboon, Nilgai dan anoa. Koleksi anoa KBS pun kini tersisa 5 ekor, yakni satu jantan, tiga betina dan satu anak’an.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif