Soloraya
Rabu, 26 Februari 2014 - 22:20 WIB

MAKELAR JABATAN : Lagi, Nama Bupati Klaten Dicatut untuk Jual-Beli Jabatan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sunarna (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Nama Bupati Klaten, Sunarna, kembali dicatut oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kali ini, nama Sunarna dimanfaatkan oleh oknum tidak dikenal untuk memberikan iming-iming promosi jabatan di kalangan pegawai negeri sipil (PNS) dengan membayar sejumlah uang.

Hal tersebut diakui Sunarna dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan (Rakorlak) yang digelar di Pendopo Setda Klaten, Rabu (26/2/2014) siang. “Di HP saya ada banyak SMS yang menanyakan kapan mutasi dilaksanakan. Bahkan ada juga yang secara terang-terangan menanyakan uang yang diminta oleh oknum tidak dikenal dengan mengatasnamakan saya,” papar Sunarna di hadapan seratusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Rabu.

Advertisement

Sunarna pun membalas SMS tersebut dengan bertanya balik kepada pengirimnya. Setelah ditelusuri, tawaran tersebut berasal dari pejabat yang merupakan atasan si pengirim. Tawaran promosi jabatan secara instan tersebut juga cukup banyak memakan korban. Bupati kemudian memanggil pejabat yang dimaksud oleh PNS tersebut. Kendati demikian, pejabat tersebut membantah adanya pungutan liar yang dilakukannya dan mengatasnamakan Bupati.

Sunarna mengaku heran dengan maraknya makelar jabatan di lingkungan Pemkab Klaten. “Itu menunjukkan adanya ketidakberesan di lingkungan Pemkab. Padahal, saya belum pernah menyampaikan kapan mutasi dilakukan, tapi di lapangan justru banyak pungli mengatasnamakan saya,” tandasnya.

Bupati mengimbau agar PNS tidak mudah percaya kepada oknum yang mengatasnamakan dirinya, apalagi dengan meminta uang. Menurutnya, mutasi dilakukan berdasarkan kinerja dan prestasi dari pejabat. Selain itu, promosi jabatan juga dilakukan dengan serangkaian tes yang melibatkan pihak independen. “Jangan mudah percaya kepada oknum yang menjanjikan naik jabatan. Sebab, mutasi itu butuh pertimbangan kinerja,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif