Ilustrasi kebakaran hutan (JIBI/Solopos/Antara/Dok.) Ilustrasi kebakaran hutan (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)
Rabu, 26 Februari 2014 09:56 WIB JIBI/Solopos/Antara Peristiwa Share :

Kebakaran Hutan Riau Paksa Harimau Masuk Perkampungan

Solopos.com, BENGKALIS — Sejumlah warga mulai resah karena seekor harimau Sumatera diduga mendekati areal perkampungan akibat kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Bengkalis, Riau.

“Warga cemas karena ditemukan jejak kaki harimau di lahan sawit dekat dengan permukiman warga,” kata seorang warga Aswadi ketika dihubungi Antara dari Pekanbaru, Rabu.

Seorang kepala keamanan setempat, Harun, mengatakan sudah melaporkan keluhan warga tersebut kepada polisi. Menurut dia, warga menemukan jejak kaki harimau pada Senin malam (24/2/2014) di daerah Barak Aceh, Desa Selingsing, Bengkalis. “Ini membuat kita makin takut, sudah asap pekat tambah harimau keluar hutan,” ujarnya.

Ia berharap pihak kepolisian menurunkan personel untuk bersiaga di daerah ditemukan jejak harimau tersebut agar warga merasa tenang. Harun mengatakan kebakaran hebat melanda daerah perbatasan Kota Dumai-Kabupaten Bengkalis sejak 19 Februari lalu dan terus membesar karena sumber air mengering dan angin berhembus kencang.

Di Kecamatan Medang Kampai, lanjutnya, ada sekitar 109 warga mengungsi ke rumah keluarga akibat asap pekat. Di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis itu kebakaran lahan dan hutan sedikitnya telah menghanguskan 600 hektare (ha), dengan rincian 200 ha di Dusun Bukit Subuh dan 400 ha di Bukit Lengkung, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis.

“Itu belum termasuk kebakaran yang kecil di lahan di bawah 2 hektare. Selain itu sepetak rumah juga hangus terbakar rambatan api gambut,” katanya.

Gubernur Riau, Annas Maamun, pada Selasa (25/2/2014), menyatakan Status Siaga ditingkatkan menjadi Status Darurat Asap akibat kebakaran lahan meluas. Sebab, sudah ada tujuh pemerintah kabupaten/kota di Riau yang menyatakan status darurat asap.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…