Jogja
Kamis, 18 April 2024 - 17:19 WIB

Selama Libur Lebaran 2024, Empat Orang Meninggal dalam Kecelakaan di Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban kecelakaan. (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KULONPROGO – Empat orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas selama masa libur Lebaran 2024 di Kabupaten Kulonprogo. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama masa libur Lebaran tercatat sebanyak 33 kejadian.

Puluhan kejadian kecelakaan lalu lintas itu terjadi pada periode tanggal 4 sampai 16 April 2024. Dari puluhan kejadian kecelakaan di Kulonprogo itu terdapat 49 korban dengan luka ringan. Sedangkan total kerugian material mencapai Rp15,5 juta.

Advertisement

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Johan Rinto Damarjati, mengatakan kejadian yang terjadi didominasi oleh kecelakaan ganda yang melibatkan setidaknya dua kendaraan. Total ada 28 kecelakaan ganda, sedangkan kecelakaan tunggal hanya lima kejadian.

Johan menjelaskan waktu kecelakaan rata-rata terjadi pada pukul 06.00 WIB- 09.00 WIB dan pukul 12.00 WIB- 15.00 WIB. Sedangkan usia korban kecelakaan didominasi golongan muda, rata-rata berusia 20- 24 tahun.

Advertisement

Johan menjelaskan waktu kecelakaan rata-rata terjadi pada pukul 06.00 WIB- 09.00 WIB dan pukul 12.00 WIB- 15.00 WIB. Sedangkan usia korban kecelakaan didominasi golongan muda, rata-rata berusia 20- 24 tahun.

“Selain usia rentan muda itu juga ada yang lebih dari 60 tahun korbannya,” katanya, Kamis (18/4/2024).

Mengenai penyebab kecelakaan, kata Johan, dari analisa Satlantas Polres Kulonprogo karena perilaku pengemudi yang kurang konsentrasi saat berbelok. Selain itu juga kurang menjaga jarak terhadap kendaraan di depannya.

Advertisement

“Hal ini dapat meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Meski angka kecelakaan saat momen Lebaran 2024 cukup tinggi, namun jumlahnya lebih rendah dari angka kecelakaan pada momen Lebaran 2023. Pada Lebaran tahun lalu peristiwa kecelakaan tercatat ada 46 kejadian.

“Pada kegiatan Operasi Ketupat 2023 terdapat 46 kejadian laka lantas artinya ada penurunan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 13 kejadian atau 26% dimana tahun lalu terdapat 46 kejadian sedangkan tahun 2024 terdapat 33 kejadian,” ungkap Johan.

Advertisement

Lebih lanjut, Johan menjelaskan selama libur Lebaran pihaknya juga sudah melakukan berbagai rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran arus dan keamanan pengendara jalan.

“Polres Kulonprogo telah melaksanakan berbagai upaya seperti rekayasa lalu lintas, sosialisasi tertib berlalu lintas hingga pengaturan lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan, sambung Johan, antara lain berkoordinasi dengan Dishub DIY dan Kulonprogo dengan mengubah sementara papan petunjuk arah ke kiri jalan terus bersama.

Advertisement

“Yang diberlakukan belok kiri jalan terus antara lain Simpang Tiga Demen dari timur, Simpang Tiga  Toyan dari barat, Simpang Tiga  Terminal Wates dari timur, Simpang Tiga Milir dari timur dan Simpang Empat Tugu Brosot dari timur,” paparnya.

Sementara di jalan nasional juga dilakukan rekayasa durasi traffic light terutama dari barat dan timur. Hala ini supaya membantu dan memperlancar arus lalu lintas, terutama bagi para pemudik yang akan memasuki maupun meninggalkan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dia melanjutkan pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kulonprogo supaya kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas jalur objek wisata terkondisi dengan baik. Ia berharap para pengguna jalan supaya tertib berlalu lintas dan mematuhi rambu lalu lintas serta beristirahat apabila lelah atau mengantuk.

“Jangan memaksakan berkendara dalam keadaan lelah atau mengantuk walaupun tujuan sudah dekat. Keselamatan lebih utama daripada kecepatan sampai tujuan,” ujar dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kecelakaan Lalu Lintas Lebaran di Kulonprogo 33 Kejadian, 4 Orang Meninggal Dunia

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif