Ilustrasi penambangan minyak dan gas bumi (JIBI/Bisnis/Dok) Ilustrasi penambangan minyak dan gas bumi (JIBI/Bisnis/Dok)
Selasa, 25 Februari 2014 23:45 WIB Lukmanul Hakim Daulay/JIBI/Bisnis Hukum Share :

Wamen ESDM Datang ke Gedung KPK, Ada Apa?

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/2/2014). Susilo mengaku datang ke KPK untuk berkonsultasi terkait perpanjangan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) sejumlah blok minyak dan gas (migas) yang hampir kadaluwarsa.

“Kami konsultasi dengan KPK. Karena kita diundang untuk membuat peraturan menteri mengenai perpanjangan KKKS blok-blok [migas] yang sudah mau expired, yang sudah mau berakhir,” ujar Susilo di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/2/2014)

Menurut Susilo, terdapat banyak proyek KKKS blok migas yang akan segera berakhir. Setidaknya, hingga 2017 nanti, terdapat 10 KKKS yang akan berakhir masanya. “Sampai 2017 itu ada kira-kira sepuluh, kemudian yang berakhir 2017-2022 itu, saya lihat ada delapan sampai sembilan. Terus dari 2022 sampai 2030 ada 10,” jelasnya.

Susilo menjelaskan, nantinya ESDM dan KPK akan membuat aturan-aturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait KKKS blok migas. Aturan ini nantinya akan menciptakan transparansi sehingga tidak terjadi kecurangan yang dapat merugikan negara.

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….