Pelatih Manchester United (MU), David Moyes (JIBI/Solopos/Reuters)
Selasa, 25 Februari 2014 09:49 WIB Hanifah K/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

PREDIKSI OLYMPIAKOS VS MANCHESTER UNITED
Moyes Percaya Diri

Live SCTV, Rabu (25/2/2014) Pukul 02.45 WIB

Solopos.com, PIRAEUS—Selama 11 tahun menukangi Everton, David Moyes, tak memiliki pengalaman sama sekali di pentas Liga Champions. Namun, debut manajer berusia 50 tahun tersebut bersama Manchester United di turnamen terelite di Eropa ini tak bisa dikatakan buruk.

Kredibilitas Moyed di mata para fans mungkin telah luntur setelah United berkali-kali tumbang di markas kebesarannya, Old Trafford, pada Liga Premier. Kondisi itu membuat Setan Merah, julukan United, masih tertatih-tatih untuk merangkak ke papan atas liga domestik di Inggris itu.

Tapi jika harus jujur, Moyes memiliki nilai plus ketika mendampingi Wayne Rooney dkk. di panggung Liga Champions. Padahal musim ini menjadi kesempatan pertama bagi Moyes mencicipi gebyar turnamen sepak bola terakbar di Eropa.

Terbukti, manajer asal Skotlandia tersebut mampu membawa Setan Merah meraup 14 poin dari 16 peluang poin yang bisa direngkuh pada fase grup. United lolos ke babak 16 besar dengan menyandang label juara grup di atas Bayer Leverkusen, Shakhtar Dotnesk dan Real Sociedad.

Menjelang duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions di markas Olympiakos, Stadion Georgios Karaiskaki,Piraeus, Rabu (26/2/2014) dini hari WIB, Moyes menunjukkan rasa percaya dirinya. Suksesor Sir Alex Ferguson tersebut bukan hanya menargetkan timnya lolos dari babak 16 besar. Ia berambisi membawa Wayne Rooney dkk. untuk bisa memegang trofi juara di kompetisi ini.

“Semua orang ingin memenanginya dan kami akan mencoba mewujudkan itu,” jelas Moyes, dilansir manutd.com Senin (24/2).

“Saya tidak pernah mengatakan kami akan bisa melakukan itu tapi kami akan berada di sana. Tim-tim lain tak ingin bertemu Manchester United. Mereka tahu apa yang harus dilakukan agar bisa menjadi sukses. Saya harap kami bisa bermain cukup baik untuk lolos dari fse ini dan lihat apa yang akan terjadi nanti,” sambung pemilik nama lengkap David William Moyes ini.

Meski demikian, Olympiakos bisa menjadi batu sandungan ambisi Moyes. Tim besutan Michel tersebut mengantongi rekor tak terkalahkan sejak Februari tahun lalu di Super League Yunani. Untuk itu, Moyes pantang meremehkan calon lawannya tersebut.

“Mereka sangat bagus dan punya rekor hebat. Mereka tim terbaik yang tak diragukan di Yunani, tak ada yang perlu diperdebatkan soal itu. Mereka punya banyak pemain Timnas Yunani yang lolos ke Piala Dunia dan itu akan menjadi laga berat,” tutur Moyes.

Hanya amunisi Olympiakos dipastikan tidak segarang sebelumnya setelah menjual Konstantinos Mitroglou ke Fulham, Januari ini. Padahal sebelumnya Mitroglou menjadi penyokong utama rekening gol bagi Olympiakos, dengan donasi 17 gol dalam 19 laga di berbagai kompetisi musim ini.

Sebagai gantinya, Michel mendapatkan rekrutan baru Hernan Perez. Perez bisa sangat membahayakan United apabila dirinya dipasang bersama Michael Olaitan di sektor sayap. Keduanya memiliki kecepatan di atas rata-rata dan naluri mencetak gol yang lumayan oke.

Jika demikian, maka Patrice Evra yang sering disebut-sebut sebagai salah satu titik lemah penampilan United musim ini, akan dibuat bekerja keras. Tapi beruntung tekanan untuk United akan berkurang karena Olympiakos tidak bisa memainkan mantan penyerang Barcelona, Javier Saviola, yang dibebat cedera.

Sementara Moyes dipastikan akan membawa para pemain terbaiknya, termasuk Wayne Rooney dan Robin Van Persie, yang mencetak gol ke gawang Crystal Palace, Minggu (23/2) dini hari WIB.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…