Arianti Dewi saat mengunjungi Solopos beberapa waktu lalu (Dok/JIBI/Solopos) Arianti Dewi saat mengunjungi Solopos beberapa waktu lalu (Dok/JIBI/Solopos)
Selasa, 25 Februari 2014 05:13 WIB Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

PELANGGARAN PEMILU 2014
Dugaan Money Politics, Arianti Dewi Tak Terbukti

Solopos.com, SUKOHARJO–Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Partai Golkar, Arianti Dewi, dinyatakan tak bersalah oleh Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Sukoharjo. Sebelumnya, Arianti Dewi diduga melakukan money politic saat acara bakti sosial dan sosialisasi di Polokarto beberapa waktu lalu.

Ketua Panwaslu Sukoharjo, Subakti A. Sidik, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (24/2/2014), mengatakan keputusan Tim Gakkumdu terkait dugaan money politics dilakukan saat rapat pleno Gakkumdu, Senin (17/2). Gakkumdu Sukoharjo yang terdiri atas Panwaslu, Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Polres akhirnya menyatakan dugaan money politics oleh Arianti Dewi tak bisa ditindaklanjuti.

“Kasus dugaan politik uang itu tak bisa ditindaklanjuti ke tahap penyidikan karena tindakan pidana yang disangkakan kurang kuat. Artinya Arianti Dewi tidak terbukti melakukan dugaan pidana pemilu sesuai pasal 301 ayat 1 UU Pemilu No. 8/2012,” ujarnya.

Menurutnya, Panwaslu sebegai corong depan Gakkumdu sudah berupaya melengkapi data dan bukti dugaan money politics. Bahkan, Panwaslu sudah memanggil saksi dan Arianti Dewi untuk diperiksa. “Tapi pleno Gakkumdu menyatakan kasus itu belum masuk unsur pidana,” kata dia.

Ia menjelaskan, kasus tersebut cukup memakan waktu karena sebelumnya Panwaslu sudah berusaha merunut kasus itu. Saking alotnya pembahasan di Tim Gakkumdu, jelas Subakti, rapat pleno dilakukan hingga lima kali. “Biasanya pleno hanya dilakukan sekali,” terangnya.

Ia menambahkan Bawaslu Jawa Tengah juga mengingatkan Arianti Dewi agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang berpotensi melanggar peraturan Pemilu. Pada kesempatan lainnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Nuril Huda, saat ditemui wartawan di kantornya, Senin, menjelaskan setelah memberhentikan Samino sebagai anggota PPK Weru, KPU akan segera merekrut penggantinya.

Ia mengatakan KPU sudah berusaha menghubungi urutan ke-6 dalam rekrutmen PPK. Tetapi sang calon sudah menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Weru. “Kebetulan, orang tersebut juga habis melahirkan. Kami akan segera lakukan rekrutmen, tapi hanya untuk satu posisi,” pungkas dia.

lowongan pekerjaan
Accounting, Adminidtrasi, Designer Graphis, Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…