Warga Dusun Laharpang, Suparman menggendong cucunya di depan rumahnya yang rusak terkena dampak letusan Gunung, Kelud, Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/2/2014). Setelah status Gunung Kelud dinyatakan siaga, warga yang tinggal di pengungsian kini kembali ke rumahnya meskipun kondisi rumah mereka rusak berat dan hampir tidak bisa ditempati. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean) Warga Dusun Laharpang, Suparman menggendong cucunya di depan rumahnya yang rusak terkena dampak letusan Gunung, Kelud, Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/2/2014). Setelah status Gunung Kelud dinyatakan siaga, warga yang tinggal di pengungsian kini kembali ke rumahnya meskipun kondisi rumah mereka rusak berat dan hampir tidak bisa ditempati. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)
Selasa, 25 Februari 2014 13:12 WIB Miftahul Ulum/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

DAMPAK LETUSAN KELUD
Jelang Pemilu, Rehabilitasi Kelud Dipercepat

Solopos.com, SURABAYA — Pemulihan hunian dan sarana penunjang yang rusak akibat letusan Gunung Kelud dipercepat dan ditargetkan selesai Sabtu (8/3/2014) mendatang. Percepatan dilakukan karena Pemprov Jatim dituntut menjaga stabilitas menjelang Pemilu Legislatif 2014.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, menguraikan dana yang disediakan untuk rehabilitasi pascabencana letusan Gunung Kelud mencapai Rp100 miliar-Rp108 miliar. Dengan dana dan dukungan 4.000 anggota TNI-Polri, ditargetkan rehabilitasi selesai pada Sabtu (8/2/2014) mendatang.

“Pada 8 Maret ditargetkan selesai karena setelah itu kami mengawal kampenye legislatif. BNPB menargetkan secepatnya satu pekan dan paling lambat satu bulan. Kami usahakan dua pekan selesai,” jelas Saifullah Yusuf, Selasa (25/2/2014).

Menurutnya, target itu sangat realistis mengingat banyak korban erupsi yang giat membenahi tempat tinggalnya sendiri. Sedangkan khusus untuk warga kurang mampu maka penangannya diprioritaskan.

Berdasarkan pendataan, jumlah rumah rusak akibat letusan Gunung Kelud mencapai 8.452 rumah. Estimasi biaya untuk perbaikan Rp25,95 miliar bila setiap rumah memerlukan Rp6 juta untuk perbaikan.

Seperti diketahui, letusan Gunung Kelud yang terjadi Kamis (13/2/2014) menjelang tengah malam memuntahkan abu dan material vulkanis sehingga mengganggu penerbangan di Surabaya, Malang, Solo, Jogja, Semarang, dan Bandung. Saat ini, status gunung yang terletak di antaranya Blitar, Kediri dan Malang itu sudah turun ke siaga III.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…