Contoh batik motif kartun Angry Birds. (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni) Contoh batik motif kartun Angry Birds. (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)
Selasa, 25 Februari 2014 21:40 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Batik Bermotif Kartun Daya Tarik untuk Anak-Anak

Solopos.com, JOGJA—Program Kreativitas mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selalu berusaha menghadirkan sejumlah inovasi, salah satunya inovasi batik bermotif kartun.

Menurut salah satu mahasiswa yang tergabung dalam PKM Kewirausahaan, Hidayatun Nikmah, ide batik kartun muncul dari penelitian bertajuk Batik Cartoon for Kids: Usaha Cerdas dan Edukatif Sebagai Upaya Memerkenalkan Budaya Batik Kepada Anak pada 2013. Ide ini sendiri muncul dari keprihatinan mereka terhadap kain batik yang hanya digunakan oleh orangtua. Padahal warisan budaya yang sudah diakui UNESCO itu juga bisa digunakan oleh anak-anak.

Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yakni Hidayatun Nikmah, Desiana Nur Fajri dan Yuliani inipun berusaha mewujudkan ide itu menjadi sebuah karya.

Dengan bimbingan salah satu dosen pembimbing, mereka kemudian mencoba memikirkan bagaimana agar batik dapat juga disukai dan dikenakan oleh anak-anak.

“Awalnya ada ide batik bermotif bola yang respons pasarnya cukup bagus. Namun kemudian kami berpikir alternatif lainnya. Batik bola sasarannya hanya cowok, yang cewek belum, maka agar lebih umum, kami ambil batik bermotif kartun. Semua film kartun yang sedang menjadi tren kami coba,” ujar Desiana saat ditemui Harianjogja.com belum lama ini.

Saat ini, mereka sudah memiliki tiga motif kartun, yakni dua motif Shaun the Sheep dan Angry Bird. Rencana ke depannya, mereka akan membuat motif Spongebob. “Tujuannya menarik minat anak-anak dan motif yang tidak rumit,” ujar Hidayatun menambahkan.

Dengan metode batik cap, mereka memesan pelat dengan harga Rp800.000 untuk bentuk yang rumit, dan Rp500.000 untuk motif yang mudah. Motif yang mereka buat selanjutnya dikombinasikan dengan motif batik klasik, seperti parang dan kawung. Diakui Desiana, mereka belum begitu paham mengenai motif batik klasik yang dikombinasikan dengan motif kartun.

“Ke depannya ingin belajar tentang motif klasik, jadi tidak hanya asal tunjuk,” katanya.

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…