Bisnis
Rabu, 1 Mei 2024 - 07:23 WIB

Indosat Catat Pertumbuhan Pendapatan hingga 15% pada Kuartal I 2024

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jaringan internet (Sumber: Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT), mencatatkan peningkatan pendapatan 15,8% di tiga bulan pertama 2024. Hal itu disampaikan dalam pengumuman hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) 2024 oleh perusahaan tersebut, Selasa (30/4/2024).

Disebutkan, dalam tiga bulan pertama 2024, Indosat mencatat total pendapatan sebesar Rp13.835 miliar, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya secara year on year (YoY). Sementara untuk EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, yang meningkat 22,1% secara YoY menjadi Rp6.509 miliar.

Advertisement

Kinerja keuangan yang cemerlang mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0% dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk, sebesar Rp1.295 miliar, atau naik 39,4% dari tahun sebelumnya (YoY).

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyebutkan pencapaian kuartal pertama 2024 itu mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia.

Advertisement

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyebutkan pencapaian kuartal pertama 2024 itu mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia.

“Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Sementara itu, kami juga meningkatkan keunggulan operasional dan efisiensi kami secara signifikan, yang memungkinkan kami meraih pertumbuhan pendapatan dan terus meningkatkan profitabilitas,” kata dia, Selasa.

Disebutkan, pada akhir kuartal pertama tahun 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat 2,3% YoY, mencapai 100,8 juta pelanggan. Pertumbuhan tersebut berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3% YoY, menjadi 3.858 Petabytes (PB).
Peningkatan itu terjadi seiring dengan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringan. Menurut data yang ada, sepanjang kuartal pertama, jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebesar 20,8% YoY menjadi 184 ribu.

Advertisement

Untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DIY, Indosat mencatat penambahan jumlah pelanggan menjadi lebih dari 16,3 juta pelanggan di akhir kuartal pertama 2024. Selaras dengan peningkatan jumlah pelanggan berkualitas tersebut, terjadi kenaikan trafik data hingga 6,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan jumlah pelanggan dan trafik data yang positif tersebut merupakan hasil dari strategi Indosat yang terus memperluas jangkauan jaringan dan meningkatkan kualitas layanannya ke pelosok perdesaan di Tanah Air.

Jumlah BTS 4G Indosat di wilayah Jateng dan DIY kini telah mencapai lebih dari 24.300 BTS 4G atau bertambah sekitar 17,7% (YoY).

Advertisement

Dari rilis yang disampaikan, pada Q1 2024, Indosat mengalami peningkatan Outlook dari “Stabil” menjadi “Positif” oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch, dan mempertahankan peringkat kredit AA+(idn). Perusahaan juga menerima peringkat idAAA (Stabil) dari Pefindo.

Dalam beberapa minggu terakhir, ISAT masuk ke dalam Indeks LQ45 sebagai salah satu indeks paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal tersebut mencerminkan kondisi keuangan yang solid dan prospek pertumbuhan yang sangat baik, dengan nilai transaksi tinggi dan frekuensi yang tinggi di Pasar Modal Indonesia.

Di sisi lain disampaikan, Indosat memperkuat posisinya sebagai pionir teknologi di Indonesia dengan mengumumkan kolaborasi revolusioner bersama NVIDIA, sebagai NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di dalam negeri. Melalui kemitraan tersebut, Indosat bersama dengan anak perusahaannya, Lintasarta, bertujuan mendemokratisasi akses ke platform AI terdepan NVIDIA, memberdayakan perusahaan di seluruh region melalui pemanfaatan teknologi Graphic Processing Unit (GPU) terbaik.

Advertisement

Dengan memanfaatkan kekuatan transformasional AI dalam ekosistem cloud, Indosat siap mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan memberdayakan ekosistem digital yang semakin berkembang.

Selain itu, Indosat juga memperkuat komitmennya terhadap keamanan siber melalui kolaborasi strategis dengan Cisco dan Mastercard. Kolaborasi dengan Cisco menegaskan kesiapan Indosat dalam menyediakan solusi keamanan siber terkini kepada perusahaan, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), untuk memperkuat ketahanan digital dan keamanan mereka.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif