News
Rabu, 19 Februari 2014 - 00:40 WIB

Kerangka Model Lukisan Monalisa Dites DNA

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kerangka yang diduga kerangka Lisa Gherardini (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Arkeolog, sejarawan dan pakar dunia seni seakan tak pernah berhenti meneliti lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci yang legendaris dengan senyuman misteriusnya, Monalisa. Penemuan kerangka yang diduga milik model dari lukisan Monalisa itu, yakni Lisa Gherardini, kini tengah diteliti untuk dibandingkan dengan kerangka dari keluarga Gherardhini lainnya.

Silvano Vincetti, sejarawan asal Italia, menyatakan telah mengambil sampel dari kerangka itu dan membandingkannya dengan Deoxyribonucleic Acid (DNA) tulang kerabat Lisa Gherardini yang oleh sebagian sejarawan dan pakar seni dianggap sebagai model dari lukisan legendaris itu. Sebagian pakar seni lainnya menduga Monalisa adalah versi feminin potret diri Leonardo da Vinci.

Advertisement

Selain melakukan tes DNA dari kerangka perempuan yang diduga sebagai model lukisan Monalisa itu, Silvano Vincetti menyatakan akan membuat rekonstuksi 3 dimensi (3D) wajah Lisa Gherardini berdasarkan tengkorak serta rincian pada lukisan Monalisa karya Da Vinci.

“Jika penemuan ini ternyata tak menujukkan suatu fakta, maka sejarawan terus berspekulasi tentang siapa sebenarnya model dalam lukisan ini,” kata Profesor Vinceti pada Wall Street Journal sebagaimana dikutip Daily Mail, Selasa (18/2/2014).

Kerangka yang diduga kerangka Lisa Gherardini (Dailymail.co.uk)

Advertisement

Makam keluarga telah dibongkar pada bulan Agustus 2013 untuk kali pertama dalam upaya mengidentifikasi model dalam lukisan Da Vinci yang selama berabad-abad lamanya menjadi misteri seni. Lisa Gherardini diperkirakan telah berpose untuk menjadi model lukisan antara tahun 1503-1506.

Sebuah memo kerabat Florentine—suami Lisa—mengonfirmasi bahwa Da Vinci melukis perempuan itu untuk merayakan kabar baik kehamilan istrinya atau pembelian rumah, sekitar tahun 1502-1503. Lisa Gherardini meninggal pada tahun 1542 pada usia 63 tahun dan dimakamkan dekat altar biara.

Hingga kini misteri model lukisan Monalisa masih menjadi sebuah misteri besar bagi para peneliti. Misalnya senyuman yang terdapat di lukisan tersebut dinilai memiliki arti khusus. Bahkan teori tentang senyum Monalisa telah tak terhitung jumlahnya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif