Teknologi
Selasa, 18 Februari 2014 - 21:10 WIB

TIPS BELANJA : Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Beli Power Bank

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi power bank (gn-i.cn)

Solopos.com, SOLO –Smartphone, komputer tablet atau gadget lain seperti tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Dan, gadget tak terpisahkan dari sumber tenaganya: listrik.

Kondisi itu membuat cadangan energi menjadi hal penting bagi pengguna gadget agar senantiasa bisa memanfaatkan peranti teknologinya itu. Itu pula pasalnya, lazim dikeluhkan pengguna gadget tentang baterai yang cepat kehilangan daya, apalagi jika gadget itu selalu terhubung dengan koneksi Internet.

Advertisement

Situasi itu memaksa pengguna gadget merasa perlu menggunakan baterai portable atau power bank untuk mengisi energi beterai gadget di mana pun dan kapan pun dibutuhkan. Dipantau Solopos.com, Selasa (18/2/2014) pada situs online Hardware.com, beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli power bank.

Kapasitas
Hal pertama yang perlu dicermati valon pembeli power bank adalah kapasitas yang biasa diukur dalam miliampere-hour (mAh). Sesuaikan kapasitas power bank yang hendak Anda beli dengan kebutuhan daya listrik beterai gadget Anda. Usahakan membeli power bank yang memiliki kapasitas yang lebih besar daripada kebutuhan baterai Anda, sehingga dapat digunakan hingga beberapa kali.

Fitur USB Charging
Membeli power bank yang dilengkapi fitur pengisian menggunakan USB charging memungkinkan pengguna men-charge dengan menggunakan kabel USB. Cara ini sangat memudahkan tatkala Anda lupa membawa alat charge hingga tak perlu lagi merasa bingung. Sebagian besar power bank kini telah dilengkapi dengan kabel konektor yang berbeda, seperti Nokia, Samsung maupun Apple.

Advertisement

Kualitas
Sering kali kita mendengar baterai smartphone meledak hingga melukai penggunanya. Salah satu cara untuk meminimalisasi risiko tersebut adalah dengan memilih peranti elektronik bermerek atau produk vendor terkemuka. Beberapa produsen akan memberi tahu Anda komposisi sumber baterai power bank tersebut. Pertimbangan harga memang sering kali membuat kita berpikir ulang untuk membeli power bank bermerek yang biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Tetapi alangkah baiknya kita mengambil barang yang terjamin keamanannya daripada menyesal pada akhirnya.

Jangan Mengisi Melalui Perangkat Lain
Sebagian dari kita mungkin menginginkan power bank dengan kapasitas besar. Namun sebagian orang justru melupakan bahwa semakin tinggi kapasitas juga semakin lama waktu untuk mengisi ulang. Perlu diingat pula, biasanya seseorang mengisi power bank dengan perangkat lain yang mirip. Namun hal itu tidaklah direkomendasikan karena akan mempengaruhi umur power bank tersebut.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif