Soloraya
Rabu, 29 Mei 2024 - 10:00 WIB

Tani Merdeka Sukoharjo Dukung Sudaryono Jadi Cagub Jateng, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Relawan Tani Merdeka Sukoharjo melakukan deklarasi dukungan kepada Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono di RM Maknyus di Desa Bakalan, Kecamatan Polokarto, Selasa (28/5/2024). (Istimewa/Tani Merdeka Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Organisasi Tani Merdeka wilayah Kecamatan Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, menggelar konsolidasi sekaligus deklarasi dukungan kepada Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Jateng 2024.

Sudaryono dinilai figur yang dekat dengan tataran masyarakat akar rumput seperti petani, pedagang, dan nelayan. Acara konsolidasi dan deklarasi dukungan dihadiri sekitar 200 orang di RM Maknyus di Desa Bakalan, Kecamatan Polokarto, Selasa (28/5/2024) malam.

Advertisement

Acara itu dihadiri Ketua Umum Tani Merdeka, Don Muzakir; Koordinator Wilayah Tani Merdeka Soloraya, Wawan Pramono, Ketua DPC Papera Sukoharjo, Gigih; dan Sekretaris DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Eko Sapto Purnomo.

Ketua Umum Tani Merdeka, Don Muzakir, mengatakan Jateng membutuhkan calon pemimpin masa depan yang memahami beragam persoalan yang dihadapi masyarakat akar rumput seperti petani, pedagang, dan nelayan.

Advertisement

Ketua Umum Tani Merdeka, Don Muzakir, mengatakan Jateng membutuhkan calon pemimpin masa depan yang memahami beragam persoalan yang dihadapi masyarakat akar rumput seperti petani, pedagang, dan nelayan.

Selain itu, kepala daerah yang akan memimpin Jateng harus bisa menyelaraskan dengan program pemerintah pusat.

“Mas Dar [sapaan akrab Sudaryono], sangat memahami kesulitan para pedagang, petani, nelayan, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah [UMKM]. Beliau sosok yang memiliki pengalaman mumpuni dan rekam jejak yang jelas sebagai calon kepala daerah,” kata dia.

Advertisement

Anggota Tani Merdeka di Jawa Tengah yang berjumlah ribuan petani dan nelayan siap all out memenangkan Sudaryono sebagai cagub dalam Pilkada Jateng 2024.

“Roda organisasi bakal digerakkan untuk menyosialisasikan figur Mas Dar kepada masyarakat sebagai cagub Jateng. Koordinator kecamatan (korcam) dan koordinator desa (kordes) bakal menjaring akar rumput di wilayahnya masing-masing,” papar dia.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Tani Merdeka Soloraya, Wawan Pramono mengatakan organisasi Tani Merdeka bakal ambil bagian dalam memenangkan Mas Dar sebagai cagub dalam Pilkada Jateng 2024.

Advertisement

Dukungan terhadap Mas Dar merupakan bagian dari harapan besar para petani terhadap program kerja yang dilaksanakan setelah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden pada Oktober mendatang.

Aspirasi dan problem yang dihadapi para petani bakal disampaikan oleh Tani Merdeka. Sehingga, kesejahteraan di tingkat petani meningkat serta mampu menjaga ketahanan pangan nasional.

“Kolaborasi program kerja nyata antara pemerintah Jateng dengan pemerintah pusat mampu memberikan dampak signifikan bagi perekonomian daerah, termasuk kesejahteraan petani dan nelayan,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif