Soloraya
Rabu, 1 Mei 2024 - 13:12 WIB

Teguh Prakosa Siap Maju Pilkada Solo, akan Daftar Lewat PDIP Pertengahan Mei

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menyalurkan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 020 Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Rabu (14/2/2024) pukul 08.59 WIB. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wakil Wali Kota Solo sekaligus Sekretaris DPC PDIP Kota Solo Teguh Prakosa berencana mendaftar penjaringan bakal Cawali-Cawawali DPC PDIP Solo, Sabtu (18/5/2024).

Teguh menjelaskan rencana maju pada Pilkada Solo 2024 sudah bulat. Dia bakal mendaftar ke DPC PDIP Kota Solo sekitar pukul 13.00 WIB.

Advertisement

“Saya sudah mengosongkan harinya untuk tidak ada kegiatan [sebagai Wakil Wali Kota Solo, Sabtu]. Tanggal lainnya sudah terdata [ada calon pendaftar penjaringan bakal Cawali-Cawawali DPC PDIP Solo lainnya], agak jauh pertengahan bulan, kami kunci [18 Mei],” jelas Teguh kepada Solopos.com, Selasa (30/4/2024).

Teguh menjelaskan pendaftarannya pada bakal Cawali-Cawawali DPC PDIP Solo nantinya biasa saja. Tidak ada acara lainnya pada pendaftarannya.

Teguh merupakan figur yang memiliki elektabilitas paling tinggi berdasarkan hasil survei yang dilakukan Solopos Institute pada periode Sabtu-Rabu (16-20/3/2024).

Advertisement

Tiga figur yang punya elektabilitas paling tinggi, adalah Teguh Prakosa (27,62%), pemimpin Praja Mangkunegaran K.G.P.A.A Mangkunagoro X (24,76%), dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Total dukungan publik untuk ketiga tokoh itu mencapai 75,62% atau lebih dari tiga perempat. Sisanya atau kurang dari seperempat dukungan publik terdistribusi ke sejumlah tokoh dengan jumlah yang jauh lebih kecil.

Ada tiga tokoh lainnya dengan elektabilitas di atas 2%, yaitu Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo (4,76%), serta Rektor Universitas Surakarta, Astrid Widayani, dan Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung, yang sama-sama mendapatkan dukungan 3,62%.

Advertisement

Sebelumnya, Teguh menjelaskan PDIP masih seksi sebagai kendaraan politik untuk Pilkada Solo 2024. Hal itu diungkapkan Teguh setelah adanya sejumlah figur yang sudah mengambil berkas pendaftaran sebagai cawali-cawawali di Sekretariat DPC PDIP Solo.

“PDI-Perjuangan seksi biarpun kondisi [jumlah kursi PDIP di DPRD Solo] turun 10 kursi, masih tertinggi hampir 40 persen,” jelas dia ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (16/4/2024).

Teguh mengatakan sudah dihubungi tim penjaringan DPC PDIP Kota Solo. Salah satu pertimbangnnya adalah elektabilitas Teguh terkuat di Kota Solo. Teguh siap maju Pilkada Solo untuk memastikan pembangunan berkelanjutan di Kota Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif