Soloraya
Sabtu, 15 Februari 2014 - 18:30 WIB

JALAN RUSAK : Jalan Mojosongo-Plupuh di Sragen Rusak Parah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SRAGEN–Ruas Jalan Mojosongo-Plupuh yang menjadi jalur alternatif Solo-Sragen rusak parah. Jalur tersebut merupakan akses utama bagi warga di enam desa Kecamatan Plupuh.

Berdasarkan pantauan solopos.com, sejumlah ruas jalan berlubang dan ambles tak sulit ditemui di ruas jalan tersebut. Kerusakan jalan cukup membahayakan terutama bagi para pengendara sepeda motor.

Advertisement

Salah satu warga Desa Cangkol, Suyono, menjelaskan jalan rusak sudah terjadi sekitar dua tahun ini. Disampaikannya, jalur tersebut merupakan akses utama warga setidaknya di enam desa yakni Jembangan, Pungsari, Manyarejo, Gedongan, Cangkol serta Sambirejo. “Banyak pekerja yang melintasi di jalur tersebut setiap harinya. Ya yang jelas harapan kami tahun ini benar-benar bisa terealisasi,” katanya saat berbincang dengan solopos.com di Cangkol, Sabtu (15/2/2014).

Camat Plupuh, Sektiyono, menuturkan ruas jalan yang memiliki panjang sekitar 10 km itu mengalami kerusakan parah selama beberapa tahun terakhir. Pihaknya memperkirakan sekitar 60% ruas jalan rusak. “Hampir separuh jalan yang rusak,” terang dia.

Diakuinya, jalan tersebut sering dilintasi truk yang tak sesuai dengan kemampuan jalan. “Tetapi kalau tidak boleh melintas daerah situ nanti juga kasihan warga yang memiliki truk,” tambahnya.

Advertisement

Sektiyono menuturkan pihaknya sudah mengusulkan perbaikan ruas jalan tersebut ke pemkab. Hasilnya, setidaknya sejumlah ruas Jalan Mojosongo-Plupuh bakal diperbaiki pada 2014.

Hanya saja, perbaikan tersebut tak bisa dilakukan secara total lantaran terbatasnya alokasi dana di APBD. “di 2014 untuk wilayah Pungsari hingga perbatasan Gondangrejo, Karanganyar bakal diperbaiki. Jaraknya sekitar 4 km. Mungkin disebabkan anggaran di APBD itu terbatas sehingga belum seluruh jalan diperbaiki,” ungkapnya.

Sementara, lanjut dia, ruas jalan Pungsari-Sambirejo diusulkan untuk mendapat prioritas perbaikan melalui APBD tahun depan. “Saat digelar musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrenbangcam), perbaikan jalan itu masuk usulan. Kami harapkan tahun depan bisa diperbaiki,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif