News
Sabtu, 15 Februari 2014 - 05:45 WIB

DAMPAK LETUSAN KELUD : 16 Kecelakaan Lalu Lintas di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas di depan Pasar Gede, Solo, Jumat (14/2). Hujan abu mengguyur Kota Solo yang merupakan dampak erupsi Gunung Kelud di Kediri. (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Hujan abu yang mengguyur Soloraya termasuk Kota Solo, Jumat (14/2/2014), menyebabkan jalanan kota tertutup abu.

Jarak pandang yang terbatas, jalanan licin bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

Pekatnya material abu yang menutup jalanan mengakibatkan sejumlah kecelakaan. Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedrajad, mencatat ada 16 kecelakaan ringan di sejumlah jalan protokol di Kota Solo hingga menjelang siang.

“Ada di Jl. Kolonel Sutarto dan beberapa jalan protokol yang lain. Rata-rata selip karena jalan licin,” ujarnya Jumat.

Pihaknya mengaku terus melakukan pantauan di sejumlah wilayah padat kendaraan. Yosca mengimbau warga agar tidak menggeber kendaraan melebihi 40 km/jam dalam kondisi tanggap bencana. Ketua harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Eko Nugroho, mengatakan telah mengerahkan 16 truk tangki untuk membersihkan debu sisa abu vulkanik sejak pagi.

Advertisement

Menurut Eko, upaya tersebut bakal menyentuh hingga jalan lingkungan. “Penyemprotan juga dilakukan untuk menambah jarak pandang pengguna jalan.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif