Lifestyle
Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:17 WIB

Melihat Jadwal Kapan Hari Raya Iduladha 2024, Ada Cuti Bersamanya Lo!

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi libur nasional. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Mendekati bulan Zulhijah, banyak masyarakat yang bertanya-tanya kapan jadwal Hari Raya Iduladha 2024?

Selain Hari Raya Idulfitri, satu hari lainnya yang ditunggu-tunggu umat Islam adalah Hari Raya Iduladha yang juga dirayakan setiap tahun.

Advertisement

Hari Raya yang identik dengan kurban tersebut dirayakan setiap tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Hijriah. Pada hari-hari tersebut, umat Islam yang mampu biasanya melakukan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Nah, kapan sih Hari Raya Iduladha 2024?

Berdasarkan SKB 3 Menteri 855/2023, 3/2023, dan 4/2023, Hari Raya Iduladha jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Advertisement

Sama dengan SKB 3 Menteri, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Iduladha pada tahun ini jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhamad Sayuti, mengatakan, penetapan awal Zulhijah 1445 H dilakukan berdasarkan perhitungan yang disebut Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

“Berpegang teguh pada kriteria tersebut, Muhammadiyah menetapkan bahwa awal Zulhijah 1445 H akan jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Keputusan ini telah disampaikan untuk memastikan umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan amalan-amalan khusus yang terdapat dalam bulan yang mulia ini,” jelas Sayuti dikutip dari laman Muhammadiyah.or.id.

Meskipun begitu, terkait kapan jadwal Hari Raya Iduladha 2024 yang pasti akan menunggu keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama dalam sidang isbat.

Advertisement

Sebagai informasi, Hari Raya Iduladha 2024 ini, pemerintah juga menetapkan satu hari untuk cuti bersama, yakni pada Selasa, 18 Juni 2024. Pada tahun ini, pemerintah memang memutuskan ada banyak cuti bersama, meliputi cuti bersama Tahun Baru Imlek, cuti bersama Nyepi, cuti bersama Hari Raya Idulfitri sebanyak empat hari, cuti bersama Kenaikan Isa Almasih, cuti bersama Waisak, cuti bersama Hari Raya Iduladha, dan cuti bersama Natal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif