Teknologi
Kamis, 13 Februari 2014 - 00:10 WIB

Inilah 8 Game Tersulit Sepanjang Masa

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Flappy Bird berhasil menduduki peringkat teratas game terfavorit di platform mobile gaming. Berkat tingkat kesulitannya yang tinggi dan setting yang sepele banyak pengguna Ios dan Android penasaran ingin memainkannya. Sayangnya kini game ini telah ditarik oleh sang developer.

Flappy Bird berhasil mengadaptasi tingkat kesulitan game di era Nintendo Entertainmet System (NES).

Advertisement

NES pada era 1980-an berhasil mencuri perhatian berhasil memperoleh perhatian berkat sejumlah judul game yang tebilang sulit. Seperti Contra, Challenger atau Ninja Gaiden misalnya.

Kini game pada platform modern justru dianggap tidak bisa memenuhi tantangan itu. Banyak game dirancang dengan grafis tingkat tinggi, namun tidak mampu “menantang” gamers. Hanya beberapa game saja yang sanggup memenuhi hasrat ini.

Berikut redaksi Solopos.com himpun jajaran game dari berbagai platform yang sanggup meraup perhatian berkat gameplaynya yang terbliang sulit. Jika Anda penyuka tantangan, Anda wajib memainkannya.

Syphon Filter

Syphon Filter (youtube.com)

8. SYPHON FILTER

Advertisement

Jika Anda sempat memainkannya versi PS1, maka Anda akan mengerti kenapa game ini ditempatkan di jajaran game paling sulit sepanjang masa. Syphon Filter jadi mimpi buruk pengguna konsol PS1, sekaligus jadi game yang paling menantang.

Game ini bergenre Third Person Shoter. Menceritakan tentang tokoh utama Gabe, seorang agen kusus yang di tugaskan mengungkap teroris. Gabe adalah tokoh yang paling penting di  semua versi game Syphon Filter

Sejumlah misi di game ini memang terbilang mudah. Namun jika telah mencapai level yang cukup tinggi, Anda akan merasa jengkel dengan game ini. Pilihan untuk mempermudah game tidak banyak membantu Anda menyelesaikan game ini.

Game mengandalkan taktik dan teknik tingkat tinggi. Gerakan karakter utamanya yang mulus membuat game tidak akan membosankan untuk dimainkan. Rasanya ini saja dapat membuat Anda mengabaikan tingkat kesulitannya yang tinggi.

Devil May Cry

Devil May Cry (IGN.com)

Advertisement

7. DEVIL MAY CRY

Devil May Cry pertama kali meraih perhatian gamers  melalui platform Playstation 2. Rilis 23 Agustus 2001 game ini memperoleh banyak pujian dari berbagai majalah game. Metacritic memberi nilai 94 untuk seri pertama game ini. Sementara GameRangkings memberi nilai 92,60 persen. Dua nilai yang cukup meyakinkan developer untuk membuat sekuelnya.

Kini seri Devil May Cry telah memiliki 5 seri. Terakhir dirilis pada 15 Januari 2013 silam dengan judul DmC: Devil May Cry untuk 3 platform PS3, Xbox360 dan PC. Seri tersulit dari game ini adalah Devil May Cry 3 di PS2.

Devil May Cry dikenal sebagai game dengan tingkat kesulitan tinggi. Berkat desain karakter dan gameplay yang menawan, game ini tertolong dari kebosanan membantai setan-setan itu. Game ini mengandalkan kecepatan permainan dan teknik serangan tingkat tinggi. Hilang fokus sedikitpun, gamers akan langsung ditebas.

Selain tingkat kesulitan yang tinggi, game Devil May Cry juga populer dengan sosok Dante, karakter utama game tersebut. Tak jarang karakter ini dinobatkan sebagai Most Memorable Charachter (Karakter Paling Diingat) dalam sejarang game.

Mike Tyson

Advertisement

Punch Out (matwolf.com)

6. MIKE TYSON’S PUNCH OUT!!

Game Ini adalah yang paling populer di masanya. Pada game ini gamers harus berhadapan dengan sejumlah petinju sebelum berhadapan dengan musuh utama yaitu Mike Tyson.

Game dibuat beberapa bulan setelah Tyson menghancurkan James ‘Bonecrusher Smith untuk meunifikasi gelar kelas berat dunia pada 1987. Di game itu, Tyson diberi statistik untuk kecepatan dan kekuatan 11, di atas statistik yang memiliki nilai maksimal 10.

Game yang rilis dengan nama Punch Out ini populer dari tingkat kesulitannya menghadapi petinju terakhir yang tidak lain adalah Mike Tyson. Mengalahkan Tyson menjadi salah satu kebanggaan gamer pada saat itu.

Battletoads

Advertisement

Battletoads (IGN.com)

5. BATTLETOADS

Anda akan menemui judul ini di setiap media yang mengulas pembahasan game paling sulit sepanjang masa. Game ini hadir di NES dan Sega Genesis. Kalau gamers telah menyelesaikan Battleloads versi genesis maka itu tidaklah cukup. Coba mainkan veris NES, maka bisa dijamin gamers bakal stres.

Game ini mengadaptasi gameplay Double Dragon dan Teenage Mutant Ninja Turtle di NES. Game ini membutuhkan kecermatan dan kesabaran.

Dalam satu level Anda akan menuruni lorong yang dipenuhi dengan musuh. Pada level ini gamers harus lincah mengendalikan sepeda motor. Salah atau terlambat menekan sekali saja si kodok akan mati dan permainan akan berakhir. Yang lebih menjengkelkan, Anda harus mengulanginya dari awal.

Contra

Advertisement

Contra (IGN.com)

4. CONTRA

Bagi pemilik konsol NES, Game ini barangkali tidak mungkin dilewatkan. Ya, Contra jadi salah satu game paling sukses di era 1980-an. Contra juga jadi salah satu game paling menjengkelkan di era itu. Hampir tidak ada yang sukses mencapai level terakhir dari game ini.

Jika dimainkan sendiri (Single play) kemungkinan menang akan sangat tipis. Jika dimainkan bersamaan maka butuh kesabaran untuk memainkannya. Game ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Dengan sedikit bumbu keberuntungan Anda akan dapat mencapai level akhir.

Di masanya, Contra jadi game dengan grafis yang menawan. Pada veri remake, game ini dibuat sedikit lebih mudah.

Contra jadi pemicu munculnya cheat code dalam dunia game. Cheat code biasa digunakan gamers untuk mempermudah cara permainan. Misalnya dengan meningkatkan level karakter atau membekali dengan persenjataan yang lebih hebat. Kini cheat code banyak digunakan untuk menamatkan game-game sulit.

Mega Man

Advertisement

Megaman (IGN.com)

3. MEGA MAN

Mega Man versi NES jadi salah satu simbol karakter mesin konsol itu. Dimainkan dengan gameplay yang sederhana dan sistematika yang lebih simple membuat game ini cukup adiktif. Apalagi Mega Man zaman dulu tidak memiliki teknologi secanggih sekarang dimana ia bisa melakukan beberapa move tambahan. Si robot biru cukup di bekali armor plus satu senjata untuk menghadapi ribuan musuh dan boss character.

Level- level menjelang pertemuan dengan lawan utama pun dipersulit. Ketika berhadapan dengan boss character menjelang akhir setiap stage. Selain sangat brutal kebanyakan dari mereka harus dikalahkan sebanyak 2 kali.

Game ini pada masanya jadi tren karakter. Boss battle yang variatif ditambah karaker-karakternya yang menarik menjadi simbol sukses karakter Marvel ini. Mungkin gamers masih ingat, character megaman sering dilibatkan dalam seri game kompilasi marvel seperti Marvel vs Capcom.

Ninja Garden

Ninja Gaiden (alphacoders.com)

2. NINJA GAIDEN

Jika Anda berhasrat untuk menjadi Ninja, Anda harus segera memainkan game ini. Ninja Gaiden menuntut Anda untuk mempunyai ketrampilan layaknya seorang ninja. Gamers harus cepat, trampil, kreatif dan telaten.

Ninja Gaiden jadi game dengan tingkat kesulitan super tinggi. Diramu dengan grafis menawan pada versi konsol next-gen membuat game ini cukup spektakuler. Anda bisa jadi ninja dengan variasi gerakan biasa-biasa saja hingga ninja dengan kemampuan teknis diatas rata-rata. Semuanya bisa dilakukan sepanjang Anda menginginkannya.

Jika ingin bertahan dan menyelesaikan setiap tahapnya, Anda harus berlatih dengan telaten. Game ini terus dikembangkan dengan gerakan-gerakan yang lebih variatif. Kekuatan utama dari game ini adalah ketrampilan karakternya yang hampir tak terbatas.

Ninja gaiden mengharuskan otak berkoordinasi dengan sensor motorik pada jari. Tidak hanya semua musuh yang semakin trampil dalam level yang semakin tinggi namun lawan yang menghadang tidak segan menyerang secara keroyokan.

Kurang puas dengan versi originalnya di konsol XBOX, pengembangnya kembali merilis versi Ninja Gaiden Black baru dengan tingkat kesulitan yang semakin melangit. Yang aslinya sudah teramat sulit apalagi yang sekarang.

Demon’s Soul

Demon’s Souls (wikipedia.com)

1. DEMON’S SOUL

Inilah game RPG paling sulit di konsol next-gen. Jika Anda penggemar RPG dan lebih banyak memainkan seri Final Fantasy, Anda akan kaget memainkan game ini. Hampir semua gamers setuju bahwa Demon’s Souls merupakan game RPG tersulit yang pernah ada.

Di game ini Anda tidak bisa sembarangan melakukan hack and slash begitu saja melawan semua musuh yang ada. Perlu strategi untuk setiap perlawanan Anda. Selain itu jangan kaget jika Anda bertemu dengan musuh yang bisa membunuh Anda dengan hanya satu kali pukulan, bahkan di awal permainan.

Sangat sulit untuk menggambarkan rasa frustrasi yang dilahirkan Demon Souls. Games perlu mencobanya sendiri untuk mengerti tingkat stera yang akan dialami akibat memainkan game ini. IGN.com menyebut, Yang pasti, Demon’s Souls benar-benar akan membuat Anda merasa ada iblis yang tinggal di hati Anda.

Game ini dikembangkan Namco Bandai Games berasam From Software. Game ini rilis untuk konsol Xbox 360 dan PS3 pada 2011 silam. Sebelumnya game ini diberi kode nama Project Dark. Game ini jadi penolong di konsol PS3 yang game-gamenya dikenal punya tingkat kesulitan rendah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif