Bisnis
Senin, 29 April 2024 - 14:52 WIB

Dorong Pertumbuhan Pariwisata, Garuda Indonesia Buka Rute Manado-Denpasar PP

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Garuda Indonesia membuka pengoperasian rute penerbangan Manado – Denpasar pp via Makassar yang akan mulai beroperasi pada 3 Mei 2024 mendatang.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam mengoptimalkan pertumbuhan pariwisata nasional melalui perluasan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi pariwisata unggulan domestik.

Kali ini, komitmen tersebut direpresentasikan melalui pengoperasian rute penerbangan Manado – Denpasar pp via Makassar yang akan mulai beroperasi pada 3 Mei 2024 mendatang.

Advertisement

Rute penerbangan Manado – Denpasar pulang pergi (pp) via Makassar tersebut akan dioperasikan sebanyak 2 (dua) kali setiap minggunya, dengan menggunakan armada Boeing 737-800 NG yang memiliki konfigurasi 12 penumpang kelas bisnis dan 150 penumpang kelas ekonomi. Penerbangan rute Manado – Denpasar via Makassar tersebut akan dilayani dengan nomor penerbangan GA688 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi pukul 07.10 WITA dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 11.20 WITA.

Sementara itu, penerbangan Denpasar – Manado via Makassar akan dioperasikan dengan nomor penerbangan GA620 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 12.10 WITA dan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi pukul 17.25 WITA.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan bahwa pengoperasian rute Manado – Denpasar pp via Makassar tersebut merupakan inisiatif berkelanjutan yang dilakukan oleh Perusahaan dalam rangka mendukung penuh program-program pemulihan ekonomi nasional pasca situasi pandemi, khususnya melalui sektor pariwisata di wilayah Sulawesi Utara.

Advertisement

“Melihat potensi pariwisata Sulawesi Utara yang memiliki banyak destinasi unggulan tentunya merupakan dasar pertimbangan kami dalam membuka kembali rute penerbangan Manado – Denpasar pp via Makassar ini. Inisiatif berkelanjutan ini kami laksanakan dalam rangka mendukung geliat ekonomi Sulawesi Utara yang juga memiliki Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang,” kata Irfan dalam keterangan tertulis.

Irfan menambahkan, “Selain Likupang, dibukanya rute penerbangan yang terhubung langsung dengan Bali sebagai destinasi pariwisata terkenal di dunia ini tentunya akan membawa dampak positif untuk mendatangkan langsung wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara, khususnya bagi para pecinta diving untuk berkunjung ke Bunaken yang juga terkenal sebagai destinasi diving unggulan. Di sisi yang lain, melalui penerbangan ini, wisatawan juga berkesempatan mengunjungi Sulawesi Selatan mengingat rute penerbangan ini dioperasikan melalui Makassar.”

Lebih lanjut, dalam penerbangan perdana Manado – Denpasar pp via Makassar yang direncanakan akan dioperasikan pada tanggal 3 Mei 2024 mendatang tersebut, Garuda Indonesia berkolaborasi bersama dengan Diamond & Co melalui program Element of Surprise dengan membagikan merchandise kepada setiap penumpang yang diterbangkan. Selain itu, penumpang yang beruntung dalam penerbangan tersebut juga berkesempatan mendapatkan hadiah 1 buah Diamond Jewelry yang akan diundi di dalam pesawat.

Advertisement

“Selaras dengan proyeksi pulihnya penumpang transportasi udara yang juga melihat pertumbuhan trafik wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, kiranya pengoperasian rute penerbangan ini akan semakin mendukung mobilisasi wisatawan yang ingin mengunjungi ragam destinasi wisata eksotis nusantara sehingga ekonomi daerah akan semakin menggeliat,” ujar Irfan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif