Sport
Senin, 29 April 2024 - 00:10 WIB

Piala Asia U-23: Peluang Sanata Starter saat Timnas Indonesia Hadapi Uzbekistan

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ramadhan Sananta saat merayakan golnya ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, 26 Maret 2024 lalu. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta, berpeluang menjadi starter saat Timnas Indonesia menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024).

Timnas Indonesia U-23 tampil apik dengan mampu meraih tiket ke babak semifinal setelah mengalahkan Korea Selatan secara dramatis melalui babak adu penalti yang berakhir dengan skor 11-10 (2-2). Prestasi itu pun membawa skuad Garuda Muda, julukan Timnas U-23, selangkah lagi menyegel tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Advertisement

Di babak semifinal nanti, Indonesia akan menghadapi tim tangguh, Uzbekistan, yang sebelumnya menghentikan langkah juara bertahan, Arab Saudi, dengan skor 2-0.

Sayangnya, di laga semifinal Piala Asia U-23 nanti, kekuatan Indonesia akan sedikit berkurang. Tim besutan Shin Tae-yong itu tak bisa diperkuat striker Rafael Struick.

Advertisement

Sayangnya, di laga semifinal Piala Asia U-23 nanti, kekuatan Indonesia akan sedikit berkurang. Tim besutan Shin Tae-yong itu tak bisa diperkuat striker Rafael Struick.

Striker asal klub Ado Den Haag itu tak bisa tampil karena terkena akumulasi kartu kuning. Padahal, Struick tampil sangat apik saat melawan Korea Selatan dengan mencetak brace atau dua gol.

Kini harapan Shin Tae-yong berada pada dua striker muda Timnas Indonesia U-23, yakni Ramadhan Sananta atau Hokky Caraka.

Advertisement

Kematangan penyerang Persis Solo ini juga tidak perlu diragukan. Meski begitu, Sananta tetap harus membuktikan diri sebagai penyerang tajam di lini depan saat melawan Uzbekistan nanti.

Uzbekistan U-23 juga merupakan tim yang kuat. Di Piala Asia U-23 kali ini, mereka belum pernah kalah ataupun kebobolan. Tergabung di Grup D, Uzbekistan U-23 menang 3-0 melawan Vietnam, 5-0 melawan Kuwait dan 2-0 melawan Malaysia. Di Babak Delapan Besar, mereka juga menang 2-0 atas Arab Saudi.

Tim asuhan Timur Kapaze ini diperkuat pemain kaliber Eropa seperti Abbosbek Fayzullaev (CSKA Moscow), Umarali Rakhmonaliev (Rubin Kazan) dan Abdulkodir Khusanov (RC Lens). Nama terakhir, bahkan sudah dikaitkan dengan tim-tim besar Eropa seperti AS Roma, Inter Milan hingga Valencia.

Advertisement

Tetapi, tidak ada waktu bagi Garuda Muda untuk kembali merasa inferior. Satu kemenangan akan memastikan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade Paris 2024, atau yang pertama kali sejak 1968. Dan hanya butuh satu kemenangan lagi, untuk memastikan tempat ke final turnamen di level Asia, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah,

Perkiraan susunan pemain

Indonesia U-23 (3-4-3)

Advertisement

Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Rizky Ridho; Jeam Kelly Sroyer, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaiman, Ramadhan Sananta, Marselino Ferdinan

Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan U-23 (4-3-3)

Abduvokhid Nematov; Abdukodir Khusanov, Alibek Davronov, Mukhammadkodir Khamraliev, Ibrokhimkhalil Yuldosvev; Jasurbek Jaloliddinov, Abdurauf Buriev, Abbosbek Fayzullaev; Ruslanbek Jiyanov, Khusayin Norchaev, Diyor Kholmatov

Pelatih: Timur Kapadze

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif