Soloraya
Senin, 29 April 2024 - 16:52 WIB

Festival Literasi Nasional 2024, Upaya Jadikan Solo Kota Literasi Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Diskusi yang menjadi bagian Festival Literasi Nasional (FLN) 2024 di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (27/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Organisasi Nyalanesia terus menunjukkan komitmennya bersama Pemkot Solo untuk menjadikan Solo sebagai Kota Literasi Dunia.

Hal itu seperti yang telah dideklarasikan pada 2022. Pada 2024 Nyalanesia kembali menggelar Festival Literasi Nasional (FLN) di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (27/4/2024).

Advertisement

FLN adalah puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan dan penganugerahan, bagi guru dan siswa yang telah mengikuti program-program Nyalanesia.

Mengusung tema Indonesia Berkarya, FLN ke-8 melibatkan 83.195 guru dan siswa se Indonesia. Mereka mendapatkan sertifikasi kompetensi dan menerbitkan beragam karya fiksi dan nonfiksi, melalui program literasi dan pelatihan. Acara tersebut mendapatkan dukungan dari Menparekraf, Sandiaga Uno, yang memberi sambutan daring.

“Saya memberikan apresasi kepada Nyalanesia yang telah menyelenggarakan Festival Literasi Nasional 2024. Ajang ini merupakan sarana bagi generasi muda dalam melestarikan budaya membaca di Indonesia,” ujar Sandiaga. Sedangkan Ketua FLN 2024, Imam Subchan, mengucapkan selama datang di Solo, kepada para peserta.

Advertisement

Menurut dia, FLN 2024 merupakan acara paling ceria dan cocok untuk anak-anak Indonesia. Sementara Direktur Program Nyalanesia, Khabib Bima Setiyawan, memaparkan capaian delapan tahun terakhir. “Dengan bergotong royong delapan tahun, kini ada lebih 350.000 pelajar, pendidik, dan masyarakat, yang berkarya,” terang dia.

Menurut Khabib, ada juga 360.000 pelatihan literasi dan kompetensi yang telah diberikan. “Juga 5.000 karya buku berhasil diterbitkan, bermitra dengan lebih dari 3.800 sekolah, mitra instansi, forum dan perusahaan yang tersebar di 35 provinsi. Mengembangkan lebih dari 40 program literasi dan dana Rp4,1 miliar disalurkan,” tutur dia.

Sedangkan Founder Nyalanesia, Lenang Manggala, mengatakan pihaknya ingin menghadirkan ruang belajar dan ruang apresiasi yang tak terlupakan. Dia juga berharap sambutan dari Menparekraf dapat menambah motivasi bagi peserta program. Sehingga para siswa dan guru itu terus mengasah kreativitas dan melahirkan karya-karyanya.

Advertisement

Sehari sebelumnya, Jumat (26/4/2024) malam, digelar gala dinner di House of Danar Hadi Jalan Slamet Riyadi Solo. Kegiatan itu merupakan rangkaian FLN 2024. Dalam kesempatan itu Imam Subchan mengatakan FLN 2024 bertujuan mengasah spirit cinta rasa dan karsa. Dia meminta dukungan agar bisa menghidupkan literasi.

Sementara Lenang Manggala mengatakan gala dinner menjadi event dari ruang stakeholder untuk berkenalan dan berkolaborasi. “Gala dinner adalah event yang jadi ruang bagi banyak stakeholder yang peduli dengan pendidikan, untuk saling berkenalan, dan berkolaborasi. Yang datang dari perwakilan institusi dan stakeholders,” urai dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif