Sport
Senin, 10 Februari 2014 - 17:23 WIB

FORMULA ONE : Performa Kovalainen di Lotus Pengaruhi Keputusan Caterham

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Heikki Kovalainen. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, OXFORDSHIRE – Penampilan mengecewakan Heikki Kovalainen bersama Lotus musim lalu menjadi alasan tim Caterham tak memilihnya sebagai driver musim balapan Formula One (F-1) 2014 nanti.

Semula, Caterham berencana menjadikan Kovalainen sebagai pembalap timnya untuk musim 2014. Terlebih setelah Kovalainen, yang sempat berhenti dari arena balap, telah menjadi pembalap cadangan tim asal Malaysia itu sejak 2010-2012 lalu.

Advertisement

Namun, musim lalu Kovalainen memenuhi permintaan Lotus untuk menjadi pembalap pengganti kompatriotnya, Kimi Raikkonen, di dua balapan tersisa. Dan penampilannya saat itu tak terlalu memuaskan, dengan gagal meraih poin.

Melihat performa mengecewakan Kovalainen itu pun Caterham langsung memutuskan untuk memilih Kamui Kobayashi dan Marcus Ericsson sebagai pembalapnya. Kepala tim Caterham, Tony Fernandes, mengaku penampilan Kovalainen bersama Lotus membantunya untuk mengambil keputusan yang bertentangan dengan keinginan pembalap 32 tahun itu.

“Jelas kami akan berbohong jika kami mengatakan kami tak mengambil peran,” ujar Fernandes, dilansir Autosport, Senin (10/2/2013).

Advertisement

“Ini adalah campuran dari banyak hal, tapi dalam setiap keputusan ada pro dan kontra. Saya egaliter, saya meletakannya ke berbagai anggota tim, ada yang pro dengan Heikki dan ada yang pro dengan Kamui dan saya pun harus membuat keputusan.”

Fernandes mengakui bahwa hubungannya dengan Kovalainen mulai merenggang setelah dirinya memiliki peranan penting dalam pengembangan tim.
“Kami harus melangkah, kami harus menjadi sedikit dingin, jika kami ingin sukses,” imbuh Fernandes.

Hingga saat ini Kovalainen belum memutuskan rencananya untuk menghadapi musim balapan 2014.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif