News
Selasa, 14 Mei 2024 - 09:42 WIB

Solopos Hari Ini : Calon Independen Sepi Peminat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (14/5/2024).

Solopos.com, KARANGANYAR–Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (14/5/2024), mengangkat headline tentang calon kepala daerah yang berasal dari jalur perorangan atau independen ternyata tidak banyak dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Dari satu kota dan enam kabupaten di Soloraya, hanya di Sukoharjo ada pasangan calon (paslon) dari jalur nonpartai yang mendaftar.

Diberitakan Solopos hari ini, paslon independen itu adalah Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa yang mendaftar sekaligus menyerahkan bukti dukungan masyarakat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo pada Minggu (12/5/2024) malam.

Advertisement

Ketua KPU Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo mengatakan jumlah total dukungan masyarakat yang di­input dalam aplikasi Silon sebanyak 55.906 orang. Jumlah itu memenuhi syarat karena di Sukoharjo paslon independen harus memiliki dukungan minimal dari 50.894 orang. Para pendukung itu juga harus tersebar minimal di tujuh kecamatan.

Selanjutnya, petugas KPU Sukoharjo akan melakukan verifikasi administrasi dokumen dukungan masyarakat pada 13-29 Mei. Verifikasi administrasi dilakukan dengan mencocokkan dokumen dukungan masyarakat dengan kartu tanda penduduk (KTP).

Advertisement

Selanjutnya, petugas KPU Sukoharjo akan melakukan verifikasi administrasi dokumen dukungan masyarakat pada 13-29 Mei. Verifikasi administrasi dilakukan dengan mencocokkan dokumen dukungan masyarakat dengan kartu tanda penduduk (KTP).

”Jika hasil verifikasi administrasi memenuhi syarat minimal dukungan maka bakal dilanjutkan dengan verifikasi fak­tual. Petugas bakal mendatangi rumah war­ga untuk memastikan kebenaran memberi­kan dukungan terhadap bakal pasangan calon per­seorangan. Verifikasi faktual dukungan masyarakat dilakukan pada Juni,” papar dia.

Isu Kenaikan UKT Bikin Mahasiswa Gerah

SOLO—Ratusan mahasiswa Universitas Sebe­las Maret (UNS) Solo yang tergabung dalam alian­­si Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-UNS meng­gelar aksi merespons isu kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) di depan Gedung Rektorat UNS, Senin (13/5/2024) siang.

Advertisement

“Kami datang ke sini dengan damai dan ingin menuntut keje­lasan dan transparansi UKT kepada pihak rektorat,” kata Azzar. Setidaknya adalah delapan tun­tutan mahasiswa yang disampai­kan, yaitu menuntut dan mende­sak rektor meninjau ulang surat keputusan (SK) terkait uang ku­liah tunggal (UKT) dan iuran pengembangan institusi (IPI) di UNS.

Restrukturisasi Mesin Meluas ke Industri Mamin

JAKARTA—Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana memperluas program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi pada tahun ini yang salah satunya menyasar industri makanan dan minuman (mamin). Tahun-tahun sebelumnya, program restrukturisasi mesin memprioritaskan pada industri tekstil dan alas kaki maupun agro.

“Kalau yang di sektor industri agro, kami sudah menjalankan program restrukturisasi mesin dan peralatan untuk industri pengolahan kayu dan furnitur. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 42 Tahun 2022 tentang Program Restrukturisasi Mesin dan/atau Peralatan Industri Pengolahan Kayu,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (10/5/2024), dikutip dari laman kemenperin.go.id yang diakses Senin (13/5/2024).

Advertisement

Berdasarkan laporan perusahaan penerima dana program restrukturisasi 2022, program ini telah berdampak terhadap peningkatan efisiensi perusahaan sebesar 10%-30%, mutu produk 10%-30%, dan produktivitas perusahaan sebesar 20%-30%.

Menerjemahkan Kata “Ada Setan” di Bank Syariah

KENDARI—Stagnasi kinerja bank syariah di Tanah Air mendapat sorotan dan kritik keras dari Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Wapres bahkan menyebut ada “setan” di balik terhambatnya pertumbuhan bank syariah.

Sebelumnya, bank syariah digadang-gadang tumbuh pesat mengingat mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim. Target bank syariah itu dibukukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia (RP2SI) 2020-2025.

Advertisement

Transformasi perbankan syariah merupakan fokus utama untuk membawa industri ini menuju perbankan syariah yang lebih kuat dan berdaya saing, serta berkontribusi signifikan pada perekonomian nasional dan pembangunan sosial.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (14/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif