Soloraya
Senin, 29 April 2024 - 17:00 WIB

Suara Naik, DPD PAN Sragen Dukung Zulhas Pertahankan Jabatan Ketum

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua DPD PAN Sragen Basuki (kiri) saat mendampingi sarasehan bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan (tengah) di DPW PAN Jawa Tengah, belum lama ini. (Istimewa/DPD PAN Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Struktural DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sragen menyatakan dukungan kepada Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk melanjutkan kepemimpinan PAN untuk periode 2025-2030. Selama ini Zulhas dinilai berhasil menjadi Ketua Umum PAN karena perolehan suara PAN pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 naik signifikan.

Dukungan itu disampaikan Ketua DPD PAN Sragen, Basuki, di kantornya di Kampung Widoro, Sragen Wetan, Sragen, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (29/4/2024).

Advertisement

Didampingi dua fungsionaris DPD PAN Sragen, Muh. Amir Anshori dan Alex Fitroh Hadi Pornomo, Basuki menyatakan Zulhas berhasil menaikan suara PAN yang semula 6% sekian pada Pemilu 2019 naik menjadi lebih dari 7% pada Pemilu 2024. Dengan perolehan suara nasional 7% lebih itu, PAN juga menaikan jumlah kursi dari 44 kursi menjadi 48 kursi DPR.

“Di sisi lain, komunikasi DPD dengan Pak Zulhas ini mudah. Termasuk DPD PAN Sragen saat berkomunikasi dengan beliau ternyata enak. Seolah tidak ada batas antara Ketum dengan pengurus DPD PAN di Sragen. Jadi, Pak Zulhas ini tidak menjaga jarak dengan kader meskipun hanya di tingkat kabupaten,” ujar Basuki.

Di bawah kepemimpinan Zulhas pula PAN menjadi partai pendukung capres-cawapres terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Berkat berbagai prestasi yang dicapai PAN, DPD Sragen secara bulat mendukung Zulhas kembali memimpin partai berlambang matahari biru itu.

Advertisement

Penentuan Zulhas sebagai Ketum PAN berikutnya dilakukan lewat mekanisme kongres yang akan digelar pada 2025. Sementara ini belum ditentukan lokasi Kongres PAN 2025. Basuki memprediksi Kongres PAN itu kemungkinan dilaksanakan di Solo.

“Selama ini belum muncul calon selain Pak Zulhas. Kami berharap Kongres 2025 mendatang dapat menjadikan Pak Zulhas sebagai Ketum PAN secara aklamasi. Awalnya suara PAN secara nasional itu diprediksi hanya 3,4% tetapi dalam realisasinya bisa lebih dari 7%. Ini prestasi yang luar biasa dan imbasnya sampai ke Sragen,” jelasnya.

Basuki menyatakan kursi PAN Sragen pun naik signifikan dari semula hanya dua kursi di DPRD Sragen pada Pileg 2019, kini naik menjadi empat kursi atau naik dua kali lipat pada Pileg 2024 lalu. “Alhamdulillah naiknya bisa 100%. Para caleg terpilih tinggal menunggu pelantikan,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif