Sport
Senin, 29 April 2024 - 18:15 WIB

PSS Sleman Lawan Pemain Lapis Dua Persib Bandung, Menang atau Terdegradasi

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapten Tim PSS Sleman Kim Jeffry Kurniawan dkk. siap meladeni Persib Bandung di laga terakhir babak reguler Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/4/2024) sore. (Istimewa/PSS Sleman)

Solopos.com, SOLO — Laga hidup mati akan dijalani PSS Sleman saat menjamu Persib Bandung di pekan terakhir Liga 1 2023 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/4/2024) sore.

Jika kalah atau imbang, Elang Jawa terdegradasi jika tiga tim lainnya yaitu RANS Nusantara FC, Arema FC dan Persita Tangerang menang di pertandingan terakhir.

Advertisement

Dalam laga besok sore, Persib Bandung kemungkinan besar akan menurunkan pemain lapis keduanya untuk menjaga stamina di babak Championship Series.

PSS Sleman saat ini berada di peringkat ke-14 dengan 36 poin atau hanya berjarak satu poin dari RANS Nusantara FC yang menempati posisi ke-15 klasemen.

Tiga angka atas Persib Bandung akan sangat krusial bagi Kim Kurniawan dan kawan-kawan untuk bisa bertahan.

Modal penting sebenarnya dimiliki tuan rumah setelah di pertandingan terakhir secara heroik menahan imbang Persik Kediri 4-4.

Ini membuktikan bahwa lini serang tidak menjadi masalah PSS Sleman menjelang laga ini.

Dukungan dari para suporter akan menjadi sangat krusial bagi PSS Sleman di pertandingan ini.

Semangat, optimisme dan keyakinan masih bersemayam di setiap tubuh penggawa Laskar Sembada termasuk Kim Jeffrey Kurniawan.

Advertisement

Tiga hal tersebut masih begitu terlihat dari pemain bernomor punggung 23 di skuat Bianco Verde.

“Persiapan PSS sejauh ini cukup bagus. Kami optimis untuk bisa meraih kemenangan kontra Persib nanti. Ini tentu untuk menghindari degradasi dan mengakhiri musim dengan baik,” tutur Kim, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (29/4/2024).

Kim yang juga pernah bermain untuk Persib Bandung mengatakan PSS Sleman harus bermain secara spartan dan pantang menyerah.

Ia menyoroti materi Persib Bandung yang merata di semua lini.

“Sudah diketahui saat ini Persib memastikan satu tiket di Championship Series dengan materi pemain yang merata secara kualitas. Menghadapi Persib di akhir kompetisi tentu membutuhkan usaha serta perjuangan pantang menyerah. Ini jadi motivasi para pemain PSS untuk memastikan satu tempat aman di Liga 1 untuk musim 2024/25,” tegasnya.

Kim percaya PSS Fans selalu memberikan dukungan luar biasa bagi PSS Sleman di situasi apapun.

Pemain blasteran Indonesia dan Jerman ini pun memohon dukungan suporter untuk menuntaskan laga pamungkas dengan meraih kemenangan.

Advertisement

“?Kami butuh dukungan dari suporter kita untuk bisa memenuhi Stadion Manahan. Semoga kita semua bersama-sama bisa fight untuk mengambil tiga poin di kandang. Sehingga PSS Sleman bisa selesaikan musim ini dengan kemenangan dan menghindari degradasi. Kami berutang itu kepada suporter kita yang setia menemani kita musim ini dengan luar biasa,” tutupnya.

Di laga ini, PSS Sleman dipastikan tidak akan diperkuat Jonathan Bustos. Absennya gelandang metronom ini kemungkinan akan digantikan oleh Kim Kurniawan di lini tengah Elang Jawa.

Di kubu Persib Bandung, kemungkinan akan memainkan sejumlah pemain muda untuk menambah jam terbang.

Persib Bandung yang sudah mengunci satu tempat di Championship Series tidak punya misi khusus di pertandingan ini.

Persib Bandung dipastikan tidak akan menurunkan sejumlah pemain inti di laga ini, pelatih Bojan Hodak memilih untuk menyimpan Nick Kuipers, Dedi Kusnandar, Rezaldi Hehanussa dan Henhen Herdiana.

Pemain-pemain tersebut mengalami cedera ringan, sementara Stefano Beltrame, Ciro Alves, dan Marc Klok masih dipertimbangkan, kendati keputusan memainkannya masih melihat kondisi terkini.

Pelatih Persib Bandung sudah menyiapkan pemain pelapis untuk turun menghadapi PSS Sleman.

Advertisement

“Beberapa pemain kami cedera ringan, ada Henhen, Dedi, Rezaldi, Stefano, dan mungkin Ciro, lalu ada Marc juga masih fifty-fifty. Tapi saya rasa Marc akan pulih dan akan bermain. Ada pemain yang tidak akan tampil dan kami menyiapkan pelapis,” kata Hodak.

Bagi Hodak, ini jadi kesempatan pemain yang jarang mendapat menit bermain untuk melakukan pembuktian.

Diprediksi pemain-pemain veteran seperti Victor Igbonefo, hingga pemain muda seperti Kakang Rudianto, Ferdiansyah atau Adzikry bakal bermain nanti.

“Ini jadi kesempatan mereka untuk untuk melakukan pembuktian, pada akhirnya ini bisa menjadi kesempatan mereka dan memaksa saya untuk memainkan mereka lagi,” tutur pelatih asal Kroasia ini.

Di laga ini, Persib Bandung memboyong 21 pemain ke Solo. Meski turun dengan pemain pelapis dan telah memastikan tempat di Championship Series, kemenangan masih menjadi target Maung Bandung.

“PSS Sleman memang belum aman (degradasi) tapi itu masalahnya sendiri, saya hanya fokus pada tim sendiri dan 11 permainan pertama kami. Jadi saya hanya ingin memainkan permainan yang bagus, pemain tampil baik dan kami ingin menang,” bebernya.

Perkiraan susunan pemain

PSS Sleman (4-3-3)

Advertisement

M Ridwan; Ibrahim Sanjaya, Leonard Tupamahu, Thales Lira, Abduh Lestaluhu; Jihad Ayoub, Wahyudi Hamisi, Kim Kurniawan; Elvis Kamsoba, Ajak Riak, Esteban Vizcarra

Pelatih: Risto Vidakovic

Persib Bandung (4-3-3)

Fitrul Dwi Rustapa; Zalnando, Achmad Jufrianto, Victor Igbonefo, Kakang Rudianto; Dedi Kusnandar, Ferdiansyah, Marc Klok; Febri Hariyadi, Ezra Walian, Beckham Putra

Pelatih: Bojan Hodak

Head to head

Piala Presiden (1/7/2022): Persib Bandung vs PSS Sleman, 1-1

Liga 1 2022 (19/8/20222): PSS Sleman vs Persib Bandung, 0-1

Advertisement

Liga 1 2022 (5/2/2023): Persib Bandung vs PSS Sleman, 2-0

Uji Coba (25/6/2023): PSS Sleman vs Persib Bandung, 1-1

Liga 1 2023 (28/10/2023): Persib Bandung vs PSS Sleman, 4-1

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif