Teknologi
Selasa, 4 Februari 2014 - 13:26 WIB

Setelah Akuisisi Motorola, Lenovo Gaet Sony?

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (techradar)

Solopos.com, BEIJING — Berhasil menggaet Motorola, Lenovo kembali bergeliat. Dikabarkan salah satu vendor PC terbesar di dunia ini akan membentuk aliansi dengan raksasa teknologi Jepang, Sony.

Sayangnya kabar ini buru-buru dikonfirmasi pihak Sony. Sony mengaku belum membicarakan kemungkinan untuk membentuk aliansi dengan Lenovo dalam rencana “permak” laptop Vaio. Sony bahkan mengaku tidak pernah menyebut nama Lenovo.

Advertisement

Namun pihak Sony tidak menampik kemungkinan akan melakukan kerja sama untuk membentuk aliansi bisnis.

“Sebuah laporan pers pada 1 Februari 2014 menyatakan bahwa Sony Corporation sedang melakukan pembicaraan dengan Lenovo Group tentang kemungkinan pembentukan kerjasama patungan bisnis PC,” tulis Sony dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Techradar, Selasa (4/2/2014).

“Seperti yang Sony telah umumkan sebelumnya, Sony terus mencari berbagai pilihan untuk bisnis PC, tetapi laporan pers tentang kemungkinan aliansi PC antara Sony dan Lenovo, tidak akurat,” lanjut pernyataan itu.

Advertisement

ZDNet, Selasa (4/2/2014), santer kabar menyebutkan Lenovo akan menjalin usaha bersama atau join ventura untuk melakukan revitalisasi perangkat Vaio milik Sony. Pabrikan asal China ini akan membantu Sony untuk pengembangan Vaio dan menjadikan perangkat itu “teman” bagi poduk miliknya, Thinkpad.

Belum diketahui apa yang akan “dipermak” Lenovo dari Vaio. Join ventura ini dilakukan dengan kesepakatan kedua pihak saling membantu untuk meningkatkan penjualan PC dan laptop. Hal ini wajar mengingat pasar PC dan laptop semakin ciut gara-gara kedatangan tablet dan smartphone.

Sebelumnya Lenovo telah mengakuisisi Motorola dari Google dengan nilai fantastis 2,91 miliar dolar AS. Akuisisi ini diakui Chief Executive Officer (CEO) Lenovo Yuanqing Yang sebagai langkah untuk bersaing dengan Apple dan Samsung.
Lenovo pada 2005 juga membeli saham mayoritas IBM, terutama untuk produk komputer jinjing (laptop), personal computer (PC), dan terus mengembangkan pembuatan smartphones dan telepon selular tablet (phablet).

Advertisement

Sama dengan Apple, produk Lenovo selama ini dikenal masyarakat dengan kualitas mumpuni. Bahkan menjadi salah satu produk unggulan untuk platform komputer jinjing.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif