Soloraya
Minggu, 2 Februari 2014 - 03:45 WIB

3 Kecamatan di Boyolali Dijatah Biaya Renovasi Rp1 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seno Samodro (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, BOYOLALI — Sejumlah kantor pemerintah kecamatan di Boyolali bakal direnovasi pada tahun anggaran ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menyiapkan biaya renovasi yang rata-rata mencapai Rp1 miliar untuk setiap kantor.

Selain renovasi, dua kantor pemerintah kecamatan, yakni Kecamatan Boyolali Kota dan Kecamatan Sawit juga bakal relokasi. Relokasi Kantor Kecamatan Boyolali Kota rencananya akan dimulai triwulan III tahun ini. Sementara, untuk relokasi Kantor Kecamatan Sawit masih menunggu kepastian terkait lokasi baru yang akan dipakai.

Advertisement

Berdasarkan data yang himpun Solopos.com, kantor pemerintah kecamatan yang akan direnovasi pada tahun anggaran ini ada lima, yakni kantor pemerintah kecamatan Teras, Simo, Nogosari, Juwangi, dan Mojosongo. Bupati Seno Samodro, menyampaikan anggaran renovasi rata-rata dialokasikan senilai Rp1 miliar kecuali Mojosongo yang hanya berkisar Rp750 juta dan Boyolali Kota yang berkisar Rp500 juta.

“Anggaran itu sebenarnya tergantung kebutuhan. Enggak semuanya Rp1 miliar. Seperti Boyolali Kota kan tempat yang baru sudah bagus, mungkin hanya Rp500 juta. Yang Mojosongo karena hanya butuh untuk bangun aula ya cukup Rp750 juta,” kata Bupati, belum lama ini.

Kendati anggaran untuk renovasi dan relokasi kantor kecamatan sudah dialokasikan untuk tahun ini, tetapi khusus untuk renovasi Kantor Kecamatan Juwangi, Bupati masih berpikir ulang. “Juwangi enggak tahu, karena itu masuk cagar budaya, jadi kalau mau bangun lagi harus hati-hati.”
Sebelumnya, Camat Sawit, Widodo, mengatakan ada tiga alternatif pilihan tujuan relokasi kantor kecamatan, yakni Desa Tlawong, Desa Manjung atau Desa Gombang. Pihaknya masih menunggu kepastian dari Bupati soal relokasi ini.

Advertisement

Tetapi, Ketua DPRD Boyolali S. Paryanto, mewacanakan bahwa Kantor Pemerintah Kecamatan Sawit ini akan direlokasi ke Desa Tlawong. “Insyaallah pindah ke Desa Tlawong. Di sana ada tanah kas desa, dan yang akan dipakai adalah lahan bekas SMA Sudirman,” kata Paryanto.

Lokasi itu, menurut Paryanto, hanya pindah desa saja dan dipilih yang lokasi yang napak dari jalan raya. Dia menambahkan, tahun ini memang legislatif memberikan anggaran untuk relokasi Kantor Pemerintah Kecamatan Sawit dan Boyolali Kota.

“Sebelumnya yang sudah selesai relokasi adalah Cepogo dan Mojosongo. Yang lain wacana termasuk yang renovasi itu.”

Advertisement

Untuk renovasi, Paryanto juga menyebutkan beberapa kecamatan dapat jatah Rp1 miliar. “Ya memang ada pertimbangan sehingga beberapa kecamatan itu harus relokasi dan ada yang butuh renovasi. Tapi pada intinya kami mendukung saja.”

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif