Soloraya
Jumat, 3 Mei 2024 - 16:20 WIB

Rina Iriani Dorong Tokoh Perempuan Ramaikan Pilkada Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani saat diwawancarai awak media pada Jumat (3/5/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih, angkat bicara terkait makin dinamisnya konstelasi politik menjelang Pilkada Karanganyar.

Mantan Bupati dua periode, 2003-2008 dan 2008-2013 ini mendorong agar kaum perempuan ikut meramaikan dalam Pilkada yang akan digelar 27 November mendatang.

Advertisement

Rina mengatakan sampai saat ini belum banyak tokoh perempuan yang namanya muncul di masyarakat bakal ikut maju Pilkada Karanganyar. Kandidat muncul masih didominasi para tokoh laki-laki.

“Harus ada tokoh perempuan karena sosok wanita dinilai bisa lebih dekat dan memiliki sensitivitas terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat,” katanya saat berbincang di kediamannya pada Jumat (3/5/2024).

Menurut Rina Iriani, banyak tokoh perempuan di Kabupaten Karanganyar yang layak maju sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati di Pilkada Karanganyar. Dia menyebutkan beberapa tokoh itu seperti istri almarhum Rohadi Widodo dari PKS, dr. Hadiasri Widiasari.

Advertisement

Rina Iriani pun berharap ada sosok wanita yang ikut bersaing dalam Pilkada Karanganyar mendatang. “Wanita harus ikut andil dalam menentukan kebijakan, untuk pembangunan Karanganyar yang lebih baik,” katanya.

Rina mengaku banyak tokoh politik dan juga kalangan birokrat yang masih menemuinya. Dalam setiap kesempatan bertemu itu, Rina selalu berpesan agar semua saling menjaga kedamaian di Karanganyar. Rina juga berharap partai yang akan memberikan rekomendasi kepada bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati, harus memperhatikan rekam jejak calon yang akan diusung untuk memilih pemimpin di Karanganyar.

“Perhatikan rekam jejaknya. Jangan asal memberikan rekomendasi yang pada akhirnya akan mengecewakan masyarakat. Karanganyar harus dipimpin oleh orang yang tepat,” pintanya.

Advertisement

Pamor Rina Iriani diketahui hingga kini masih melekat di kalangan arus bawah. Nama Rina Iriani kian santer tatkala belakangan ini kerap muncul di berbagai kegiatan kemasyarakatan. Bahkan di Pemilu Presiden lalu, Rina menjadi tim pemenangan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Rina blusukan ke masyarakat mengampanyekan pasangan nomor satu ini.

Menjelang Pilkada Karanganyar ini, Rina Iriani mengaku beberapa sudah mendekatinya untuk dibantu menyosialisasikan ke masyarakat. Tidak hanya dari partai politik (parpol), namun tokoh di luar partai.

“Ya banyak yang kalau ketemu saya itu, minta dukungan dan dibantu. Tapi sampai sekarang saya belum menentukan sikap,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif