Teknologi
Jumat, 24 Januari 2014 - 23:13 WIB

Ulang Tahun Ke-30, Macintosh Apple Bakal Lahirkan Produk Dahsyat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komputer Macintosh kali pertama diluncurkan (vintagemuseum.com)

Solopos.com, JAKARTA –  Macintosh Apple hari ini, Jumat (24/1/2014), berulang tahun. Divisi komputer Apple yang lebih dikenal dengan sebutan Macintosh genap 30 tahun melayani kepuasan para fans Apple.

Berbagai produk telah dikembangkan oleh divisi ini. Mulai dari Lisa yang dikenalkan pada 1984, Power Machintosh pada 1994, hingga New Mac Pro yang baru saja diperkenalkan beberapa pekan lalu.

Advertisement

Namun, tentu saja, pergeseran dari prosesor yang dikembangkan Motorola menjadi prosesor Intel melalui produk Macbook Pro 2006, tak akan dilupakan oleh fans. Pasalnya, transisi itu memberikan pengalaman fitur yang mencengangkan sehingga gelar spesialis grafis disematkan pada produk Apple.

Senior Vice President  Software Engineering Craig Federighi mengatakan pengguna Apple tak ingin menyebut Mac kurang baik karena seseorang ingin mengubah menjadi iOS dan di saat yang sama pengguna tak ingin iOS dirancang oleh perusahaan yang sama. Namun, jelasnya, Mac dan iOS berbeda karena visi bersama yang minim.

“Kami memiliki akal sehat dan estetika, seperangkat prinsip-prinsip yang mendorong kami, dan kami sedang membangun produk-produk terbaik yang kita bisa untuk mereka dengan tujuan yang unik . Jadi, Anda akan melihat mereka sama mana yang masuk akal, dan Anda akan melihat mereka berbeda dalam hal-hal yang sangat penting untuk esensi mereka,” ujarnya dalam diskusi ulang tahun Machintosh ke 30 di markas Apple Cupertino, seperti dilansir Macworld.com.

Advertisement

Menurutnya, pilihan untuk menggunakan perangkat apapun dari produk Apple merupakan reaksi alami seseorang untuk menyelesaikan tugasnya. Dia mencontohkan dalam tasnya ada banyak perangkat, dan Anda akan mengeluarkan salah satu perangkat yang dirasa tepat untuk pekerjaan Anda.”Bukan karena perangkat itu memiliki daya komputasi yang lebih, tapi itu adalah reaksi alami Anda,” jelasnya.

Sementara itu, Editor Macworld Jason Snell menyebutkan meskipun dia membawa iPhone , iPad dan MacBook Air untuk wawancara di kampus Apple Cupertino, dia akhirnya memilih untuk mengambil catatan pada MacBook.  “Ini adalah sesuatu yang tidak hilang pada eksekutif Apple,” jelasnya.

Di sisi lain, Senior Vice President of Worldwide Product Marketing Phil Schiller mengatakan Apple percaya bahwa Mac akan terus terjadi selamanya karena perbedaan yang membuatnya benar-benar berharga. “ Produk Mac saat ini terlihat sangat berbeda dari apa yang Steve Jobs perkenalkan tiga puluh tahun yang lalu, tetapi Apple jelas menganggap itu penting untuk masa depan perusahaan,” ujarnya.

Advertisement

Untuk itu, layak kita tunggu produk apa yang akan diperkenalkan divisi Macintosh pada 2014? Apakah iMac Lower-Cost? ataukah 12 inci Macbook dengan Retina Display?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif