Otomotif
Jumat, 24 Januari 2014 - 02:07 WIB

MOBIL BARU : Ford Luncurkan SUV Mungil

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Produsen mobil Ford akhirnya merilis si mobil cerdas All-New Ford EcoSport. Mobil ini dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan gaya hidup masyarakat urbanista. All-New EcoSport menggabungkan daya tahan dan kenyamanan dalam memberikan performa di jalanan perkotaan maupun pegunungan.

Selain itu, SUV mungil ini ternyata juga cukup murah jika dilihat dari berbagai macam fitur yang ditawarkan. Sebagaimana dilansir otosia.com, Rabu (22/1), sebagai mobil cerdas, Ford EcoSport tidak serta merta menanggalkan desain elegan yang diusung.

Advertisement

Grill lebar serta bumper yang menjadi ciri khas mobil-mobil SUV Ford tetap menjadi andalan. Tampilan ini untuk mengimbangi para rivalnya, seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.
Sedangkan wujud sporty yang diusung, muncul dari dimensi dan juga ground clearance yang cukup tinggi. Hal ini lah juga menjadikannya nyaman untuk melaju di kontur jalanan rata atau pun bergelombang.

Ford EcoSport merupakan sebuah alternatif aspirational untuk mobil kompak. Ruang di dalam kabin mobil yang cukup luas sanggup menampung 5 orang dewasa dan perlengkapannya. Ditunjang pula dengan dimensinya yang mencapai 1.765mm akan memudahkan sosok SUV berwujud citycar ini
melesat lincah di jalanan perkotaan.

Advertisement

Ford EcoSport merupakan sebuah alternatif aspirational untuk mobil kompak. Ruang di dalam kabin mobil yang cukup luas sanggup menampung 5 orang dewasa dan perlengkapannya. Ditunjang pula dengan dimensinya yang mencapai 1.765mm akan memudahkan sosok SUV berwujud citycar ini
melesat lincah di jalanan perkotaan.

Teknologi yang diusung mencakup Internal Heat Exchanger terbaru yang meningkatkan performa pendinginan. Teknologi ini dilengkapi dengan pemasangan sambungan unggul pada saluran AC untuk menghilangkan kebocoran pendingin dan memaksimalkan performa.

Kondensor berkapasitas tinggi sepenuhnya disegel untuk menghasilkan pendinginan dan kinerja
aerodinamis yang lebih baik. Berkat evaporator sirip dan tabung terbaru, para teknisi memastikan aliran udara jadi lebih tinggi.

Advertisement

Berkat Smart Keyless Entry, pengemudi hanya cukup mengantongi kunci di dalam saku atau tas, karena pintu secara otomatis akan terbuka ketika mereka menekan tombol di pegangan pintu.
Sesampainya di kabin, tombol Ford Power Start Button yang terinspirasi dari mobil balap, dapat
menyalakan mesin ketika ditekan. Home Safe Headlamp mempertahankan cahaya lampu yang setelah mesin dimatikan dan pintu dikunci, saat hari gelap, maka lampu tidak langsung mati dan dibiarkan menyala hingga 15 detik.

”Lampu akan menyala, membantu setelah Anda parkir. Lampu akan stay 15 detik,” ujar Product Launch Manager Ford Motor Indonesia, Cristian AG.

Dengan sensor Rain Sensing Wiper, maka wiper akan menyala secara otomatis ketika hujan mulai turun. Sensor Auto Headlamp juga akan menyalakan lampu saat dalam keadaan cahaya minim, seperti saat melalui terowongan atau cuaca buruk.

Advertisement

Para teknisi Ford telah menerapkan teknologi kompresor variabel baru yang hemat energi guna mengurangi daya dan konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Hal ini berarti pengguna kendaraan dapat menikmati kesejukan yang nyaman tanpa perlu khawatir
tagihan bahan bakar yang tinggi.

Ford EcoSport juga dapat menangani semua kondisi cuaca karena SUV ini diuji pada suhu mulai dari -20 sampai 50 derajat. Mulai dari kondisi bersalju sampai padang pasir.

SUV ini juga telah melewati sekurangnya 1.000 jam pengujian di terowongan angin iklim di Dearborn. Ford EcoSport juga diuji untuk menangani perubahan kondisi lingkungan sekitar, misalnya bagaimana mengatasi kenaikan suhu ketika berkendara menuruni puncak gunung.

Advertisement

Climate control system otomatis juga dilengkapi dengan tombol defogging cepat yang dapat membersihkan sebagian besar kaca depan dari lapisan es dalam 15 menit.

Ford EcoSport diluncurkan dengan mesin empat silinder global 1.5L Ti-VCT global, yang menghasilkan tenaga 110 PS dan torsi hingga 142 Nm. Dilengkapi juga dengan transmisi otomatis Ford Powershift enam percepatan yang hemat bahan bakar Rear Parking Sensor akan menjaga pengemudi untuk menghindari menabrak halangan belakang yang tidak terlihat. Hill Launch Assist memastikan mereka tetap dapat melakukan akselerasi melaju dengan sempurna saat
tanjakan maupun turunan yang licin.

SUV ini juga dilengkapi dengan sunroof yang menjadi gaya tersendiri bagi para konsumen mobil di Indonesia. Namun tak jarang mobil produksi yang dipasarkan dengan sunroof dibanderol cukup tinggi.

“Power sunroof, ini juga merupakan segmen pertama yang menggunakan sunroof, dengan harga yang kompetitif,” beber Cristian.

Dengan segala fitur cerdas dan sunroof, Ford mematoknya hanya dengan harga Rp200 jutaan. Dari daftar harga yang dirilis, varian termurah All-New EcoSport 1.5L (4×2) MT Ambiente dijual Rp195,4 juta dan varian termahal EcoSport 1.5L (4×2) AT Titanium yang dibanderol Rp242,4 juta.

Harga yang ditawarkan tersebut sudah termasuk free insurance selama satu tahun (all risk) dan gratis kaca film V-Kool.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif