Soloraya
Minggu, 5 Mei 2024 - 11:45 WIB

Sadis! Ini Hasil Autopsi Pengusaha Tembaga Boyolali yang Dibunuh Teman Sendiri

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Satreskrim Polres Boyolali saat melaksanakan olah tempat kejadian perkara di rumah pengusaha tembaga yang diduga menjadi korban pembunuhan di Kebonso, Pulisen, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Sabtu (4/5/2024). (Istimewa/Humas Polres Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALIPolres Boyolali mengungkapkan hasil autopsi jenazah pengusaha tembaga asal Boyolali, Bayu Handono, yang dibunuh oleh teman nongkrongnya di rumahnya, Pulisen, Boyolali. Dari hasil autopsi itu diketahui pembunuhan dilakukan pada Rabu (1/5/2024) pukul 23.00 WIB.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, mengungkapkan Bayu Handono ditemukan pada Jumat (3/5/2024) sekitar pukul 21.00 WIB dalam kondisi meninggal dunia. Ia ditemukan sudah bersimbah darah dan ada luka di sejumlah bagian tubuh.

Advertisement

Kapolres Petrus mengatakan pada Jumat, salah satu rekan Bayu, SPR, 38, mencoba menghubungi Bayu akan tetapi tidak mendapatkan jawaban. Selanjutnya, SPR mendatangi rumah Bayu dan melihat gerbang rumah tidak dikunci.

SPR lalu meminta bantuan tetangga untuk masuk ke dalam rumah. Ketika sampai di teras rumah, ia melihat ada bercak darah dan dari luar terlihat Bayu Handono dalam keadaan tertelungkup dengan luka dan banyak darah di sekitarnya.

Advertisement

SPR lalu meminta bantuan tetangga untuk masuk ke dalam rumah. Ketika sampai di teras rumah, ia melihat ada bercak darah dan dari luar terlihat Bayu Handono dalam keadaan tertelungkup dengan luka dan banyak darah di sekitarnya.

Mereka menduga saat itu korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dan melaporkan peristiwa tersebut kepada polisi. Setelah mendapatkan laporan, kepolisian lalu melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), mengamankan barang bukti, dan mencatat keterangan para saksi.

Polisi juga membawa jenazah untuk dilakukan autopsi di RS Bhayangkara Solo dan melanjutkan penyelidikan hingga akhir berhasil menangkap pelaku pada Sabtu (4/5/2024) malam.

Advertisement

Petrus mengungkapkan pembunuhan dilakukan pada Rabu (1/5/24) sekira pukul 23.00 WIB dan mayat ditemukan pada Jumat (3/5/24) sekira pukul 21.00 WIB. Pelaku pembunuhan ditangkap tim gabungan Satreskrim Polres Boyolali dan Jatanras Polda Jateng kurang dari 24 jam sejak jasad korban ditemukan.

Motif Pembunuhan

Pelaku diketahui adalah teman nongkrong korban berinisial IR, 27, warga Sambirobyong, Ngargosari, Sumberlawang, Sragen. IR ditangkap pada Sabtu pukul 19.00 WIB di sekitar Terminal Tirtonadi Solo. Tersangka berikut barang bukti lalu dibawa ke Polres Boyolali untuk proses penyidikan.

“Kurang dari 24 jam dari laporan tersebut, Satreskrim Polres Boyolali bersama dengan Jatanras Polda Jateng berhasil menangkap pelaku IR alias IB, berusia 27 tahun, di Solo,” kata Petrus.

Advertisement

Petrus menjelaskan IR mengakui perbuatannya didasari motif ingin menguasai barang berharga milik korban. Kapolres mengatakan korban dan pelaku sudah saling kenal bahkan pelaku sudah beberapa kali diajak korban ke rumahnya.

“Pada pertemuan terakhir di rumah korban, pelaku telah mempersiapkan senjata tajam berupa sabit yang dibawa dari rumahnya. Berdasarkan pengakuan pelaku, sabit itu untuk menghabisi nyawa korban, tujuannya memiliki barang berharga korban,” kata dia.

Sadisnya, tak hanya menggunakan sabit, IR juga menggunakan palu yang ada di rumah Bayu Handono untuk membuat pria itu tidak berdaya sebelum akhirnya dihabisi menggunakan sabit.

Advertisement

Setelah berhasil membunuh korban, pelaku menggasak sejumlah barang seperti sepeda motor Honda PCX berpelat nomor AD 4860 BHD, uang tunai Rp2.050.000, satu handphone, satu dompet, satu kartu ATM BCA platinum, satu sepatu, satu tas, dan satu jam tangan.

“Atas perbuatanya pelaku dijerat Pasal 340 KUHP dan atau 338 KUHP dan atau 365 ayat (3) KUHP dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif