News
Minggu, 26 Mei 2024 - 22:46 WIB

Sikap PDIP ke Pemerintah Belum Diputuskan, Pertemuan Megawati & Prabowo Terbuka

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) bersiap menyampaikan pidato politiknya saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). Rakernas PDI Perjuangan mengeluarkan 17 rekomendasi eksternal diantaranya menyoroti sistem Pemilu 2024. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri belum menyatakan sikap partainya terhadap pemerintahan Prabowo Subiantor-Gibran Rakabuming Raka dalam Rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP, Minggu (26/5/2024).

Dengan belum diputuskannya sikap politik partai berlambang banteng moncong putih itu, pertemuan antara Megawati dan presiden terpilih Prabowo semakin terbuka lebar.

Advertisement

Padahal sebelumnya sejumlah elite PDIP mengungkapkan dalam raker tersebut, partai banteng akan menentukan masa depan politik mereka lima tahun mendatang.

Juru Bicara PDIP, Chico Hakim, mengaku selama ini tidak ada halangan psikologis ataupun politis untuk mewujudkan pertemuan antara Megawati dengan Prabowo.

Advertisement

Juru Bicara PDIP, Chico Hakim, mengaku selama ini tidak ada halangan psikologis ataupun politis untuk mewujudkan pertemuan antara Megawati dengan Prabowo.

“Tidak ada juga yang menghalang-halangi dari pihak PDI Perjuangan, baik gitu juga dari pihak Partai Gerindra, karena hubungan di antara kedua partai kami dan juga yang kami pahami bahwa Bu Mega dan Pak Prabowo juga tidak pernah ada permasalahan yang besar di antara mereka,” ujar Chico kepada Bisnis, Minggu.
Oleh sebab itu, lanjutnya, pertemuan antara presiden ke-5 RI dengan presiden ke-8 itu sangat terbuka lebar. Meski demikian, dia belum bisa mengungkapkan kapan pastinya pertemuan tersebut terwujud.

“Tentu saja ada kemungkinan komunikasi lebih lanjut untuk membicarakan kepentingan bangsa ke depan. Bisa saja terlaksana dalam waktu dekat atau waktu yang ditentukan nanti,” katanya.

Advertisement

Oleh sebab itu, dirasa tidak ada urgensi untuk cepat-cepat mengumumkan posisi PDIP, apakah jadi oposisi atau malah masuk ke pemerintahan Prabowo.

“Jadi memang sebagai pemenang pemilu legislatif kami merasa posisi kami cukup baik, cukup bagus, dan cukup menguntungkan,” jelas Chico.

Lagipula, kata dia, PDIP akan lebih memfokuskan kekuatan partai untuk mempersiapkan diri dalam Pilkada 2024 yang hari pencoblosannya dilakukan pada 27 November nanti.

Advertisement

Sebelumnya, Megawati sendiri mengakui banyak pihak sudah menanti keputusannya soal posisi PDIP untuk lima tahun ke depan. Meski demikian, dia masih mau menggantungkan penantian banyak pihak tersebut.

“Gue mainin dulu dong [sebelum diputuskan]. Setuju nggak?” tanya Megawati kepada ribuan kader PDIP yang hadir dalam penutupan Rakernas V PDIP, Jumat (26/5/2024).

Bagaimanapun, lanjut Megawati, sikap partai politik PDIP selalu diumumkan dalam ajang Kongres Partai.

Advertisement

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul PDIP Belum Tentukan Sikap, Pertemuan Megawati-Prabowo Kian Terbuka Lebar

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif