Soloraya
Selasa, 21 Januari 2014 - 02:50 WIB

PEMILU 2014 : KPU Wonogiri Coret 1.772 Calon Pemilih

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (kesbangpol.kemendagri.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mencoret sejumlah 1.772 calon pemilih pemilu anggota legislatif 2014. Pencoretan data calon pemilih dilakukan setelah komisioner tersebut melakukan perbaikan terhadap datfar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan tahun 2013.

Perbaikan DPT akan terus dilakukan seiring dengan instruksi dari KPU pusat. Penegasan itu disampaikan Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir ditemui Espos di kantornya, Senin (20/1/2014).

Advertisement

“Pencoretan terhadap calon pemilih dilakukan agar DPT semakin valid. Karenanya DPT hasil perbaikan setelah pencoretan menjadi 904.133 orang.”

Mat Nawir menyatakan, mayoritas calon pemilih yang dicoret karena meninggal dunia. Disebutkannya, ke-1.772 orang yang dicoret terdiri atas, 1.219 orang meninggal, empat orang berpindah status. Selain itu, jelasnya, dalam masa perbaikan DPT juga ditemukan 538 pemilih ganda, delapan orang tak dikenal dan tiga orang terganggu jiwanya.

Anggota KPU tiga periode ini mengatakan, DPT sebelum perbaikan sebanyak 905.905 orang. Verifikasi DPT hasil perbaikan telah direkapitulasi untuk dikirim ke KPU Provinsi Jateng dan KPU Pusat pada 17 Januari.

Advertisement

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, saat memperingati hari ulang tahun partai meminta pemerintah melakukan evaluasi kinerja birokrasi. Menurutnya, carut-marut DPT menunjukkan kinerja pemerintah belum maksimal.

Dikatakannya, jumlah DPT didasarkan dari data jumlah penduduk yang diserahkan oleh pemerintah. Dia berharap, persoalan DPT secepatnya diselesaikan.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : KPU Wonogiri Pemilu 2014
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif