News
Selasa, 21 Januari 2014 - 11:07 WIB

MOBIL KUNO : Wow, Ferrari Ini Diprediksi Terjual 195 Miliar!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil kuno nan langka Ferrari 375 (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah mobil balap Ferrari yang sangat langka namun pernah kondang pada tahun 1950-an diprediksi akan menciptakan rekor dunia baru dalam urusan penjual mobil langka. Ferrari dengan tipe 375 itu diprediksi bakal terjual dengan nilai 10 juta pounds atau lebih dari Rp195 miliar.

Ferrari 375, seperti dilansir Daily Mail, Senin (20/1/2014), merupakan salah satu mobil balap yang tercepat dan paling kuat pada masanya. Mobil itu dibikin pada masa kejayaan arena pacu mobil Le Mans dan Silvertone pada tahun 1954. Kendati kondang dan menganggumkan dunia pada masa itu, mobil tersebut hanya dibuat 4 unit, satu unit diantaranya dibuat khusus untuk Raja Belgia.

Advertisement

Ferrari 375 saat tampil di Mille Miglia, Italia di tahun 1954 (GPLibrary)

Mobil bercat wana merah tersebut didukung dengan mesin bertenaga 330bhp V12 4,9 liter sehingga mampu dipacu dengan kecepatan tertinggi hingga 175 mph. Dengan kecepatan itu, mobil tersebut dipercaya menjadi mobil terbaik kala itu.

Prestasi mobil itu pun telah terbukti setelah berhasil menang dalam ajang adu balap Carerra Pan-Americana yang diselenggarakan di Meksiko, Kala itu, kemudi Ferrari 375 dipercayakan ke tangan pembalap asal Italia, Umberto Maglioli.

Advertisement

Setelah melewati beberapa tangan kolektor, Ferrari 375 tersebut ditemukan kembali pada tahun 1990-an oleh penguasah Jacques Swaters. Jacques tercatat sejarah sebagai salah seorang teman dekat Enzo Ferrari, pembalap, pengusaha yang juga pendiri tim balap Grand Prix Scuderia Ferrari yang belakangan ini dikenal sebagai legenda Ferrari di arena balap.

Kini—setelah Jacques meninggal dunia tiga tahun lalu—keluarga Swaters hendak menjual mobil langka itu kepada penawar tertinggi. Para penaksir pun bergerak cepat. Ferrari 375 tersebut diperkirakan dapat terjual hingga 10 juta pounds, sekaligus memecahkan rekor dunia pada jenis mobil balap yang dilelang untuk merek Ferrari.

Ahli otomotif, Philip Kantor mengatakan bahwa mobil ini terbilang istimewa, jadi sangat wajar jika memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. “Ini adalah mobil yang sangat istimewa. Ini merupakan mobil balap yang sangat langka kerena hanya dibuat dalam 4 model mobil balap dan satu model versi mobil jalan,” ujar Philip Kantor.

Advertisement

Lelang tersebut rencananya akan berlangsung di Goodwood Festival of Speed di Chichester, West Sussex, Inggris, 27 Juni 2014 mendatang. Anda berminat?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif