News
Jumat, 17 Januari 2014 - 23:50 WIB

Kampus Undip Peringkat 47 Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus Undip di kawasan Tembalang, Semarang. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menempati peringkat ke-47 dunia, kampus berwawasan lingkungan.

Rektor Undip Semarang Prof. Sudharto P. Hadi menjelaskan ranking itu berdasarkan hasil penilaian Greenmatric 2013. “Pencapaian ini sangat luar biasa, karena sebelumnya Undip berada di ranking 160, sekarang menjadi  47 dunia,” katanya di Semarang, Jumat (16/1/2014).

Advertisement

Sedang untuk peringkat di Indonesia, Undip menempati ranking ke-3 setelah Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Penetapan ranking ini, lanjut rektor berdasarkan penilaian beberapa kategori, antara lain setting dan infrastruktur kampus.

Di mana sebuah kampus dianggap green adalah yang memiliki bangunan berwawasan lingkungan dengan memperhatikan rasio bangunan dan ruang terbuka. Selain itu juga ada pengolahan limbah pada laboratorium kampus, pemanfaatan energi baru dan terbarukan, serta perhatian kampus terhadap perubahan iklim.

Di samping itu waste and water, di mana kampus mempunyai tempat pengolahan sampah yang meliputi 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle, serta memiliki perhatian dan upaya dalam masalah drainase. “Kategori penilainya lainnya adalah transportasi kampus yang ramah lingkungan, serta education, yakni sejauh mana menerapkan materi tentang lingkungan pada kurikulum ajarannya,” ungkapnya.

Advertisement

Rektor menambahkan merasa bersyukur atas prestasi membanggakan yang diraih Undip ini. ”Prestasi ini semoga bisa pendorong warga kampus Undip lebih peduli kepada lingkungan,” harapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif