Lifestyle
Jumat, 17 Januari 2014 - 08:29 WIB

INFO MEDIS : Inilah 5 Salah Kaprah soal Kolesterol

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar orang cenderung menempatkan kata “kolesterol” sebagai diksi yang negatif bagi kesehatan sehingga harus senantiasa dihindari. Makanan yang mengandung banyak kolestereol pun menjadi makanan yang wajib dijauhi karena dipercaya berdampak buruk bagi kesehatan.

Tapi ternyata ada fakta menarik di balik kolesterol yang tak banyak orang mengetahuinya. Bahkan, banyak kalangan salah kaprah menanggapi fakta-fakta soal kolesterol itu. Berikut beberapa fakta menarik tentang kolesterol seperti yang diulas Magforwomen, Kamis (16/1/2014).

Advertisement

Tubuh Menghasilkan Kolesterol
Banyak kalangan meyakini bahwa kolesterol hanya dihasilkan dari makanan yang berlemak. Hal tersebut tidaklah benar. Faktanya, kolesterol juga diproduksi oleh tubuh sesuai kebutuhan. Selain itu, sisa kolesterol yang berlebihan berasal dari makanan yang telah kita konsumsi.

Bukan Hanya Bersumber dari Makanan Berminyak
Selama ini Anda selalu berpikir bahwa makanan yang berminyak dan berlemak adalah sumber dari kolesterol. Nyatanya tidak selalu benar, karena kolesterol diproduksi oleh hati hewan oleh karena itu kolesterol pasti ada dalam produk hewani seperti susu, telur dan daging. Makanan tersebut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Berfungsi sebagai Penyembuh
Jika Anda sering kali melihat kolesterol yang meningkat pascaoperasi, itu dikarenakan kolesterol juga berfungsi sebagi penyembuh. Kolesterol dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh kita.

Advertisement

Kolesterol Dipengaruhi Gen
Beberapa orang bertanya-tanya mengapa sering kali gagal menjalani diet walaupun telah menghindari makanan cepat saji, namun juga tak mampu kadar menurunkan kadar kolesterol. Nah, bisa jadi kesalahan ada pada faktor genetik Anda. Kolesterol juga memiliki hubungan dekat dengan faktor genetik Anda.

Otak Kita Kaya Kolesterol
Otak kita kaya akan kolesterol. Seperempat kolesterol yang ada dalam tubuh kita disimpan dalam otak. Kolesterol melapisi sel-sel saraf, yakni struktur di mana neuron dapat tergantung.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif