Soloraya
Sabtu, 27 April 2024 - 16:49 WIB

Hari Jadi ke-278 Sragen Telan Dana Rp1 Miliar, Ini Kegiatan Paling Mahal

Redaksi Solopos.com  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para warga menyaksikan perform naga raksasa di depan panggung utama depan Pemda Sragen dalam karnaval Hari Jadi Sragen, Minggu (28/5/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Perhelatan aneka kegiatan dan hiburan rakyat dalam perayaan Hari Jadi ke-278 Kabupaten Sragen pada 2024 menelan anggaran sekitar Rp1 miliar. Anggaran tersebut masih sama dengan 2023 lalu. Sumber anggaran tersebut berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen, Dwiyanto, menyampaikan Pemkab menggelar banyak acara perayaan Hari Jadi selama sebulan. Kegiatan itu menelan dana sekitar Rp1 miliar.

Advertisement

“Penganggaran pada Hari Jadi Sragen tahun ini menggunakan metode cross cutting sehingga lebih irit dan berimpak. Anggaran paling banyak bukan terserap untuk konser musik Judika, tetapi digunakan untuk hiburan rakyat,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu (27/4/2024).

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono, mengatakan hiburan rakyat digelar pada Jumat 24 Mei 2024, yang bertepatan dengan momentum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati periode ini. Di hari itu, pada pukul 13.00 WIB akan dilaksanakan tasyakuran pelantikan tersebut. Malam harinya dilanjutkan pesta rakyat mulai pukul 19.00 WIB.

“Lokasinya di sepanjang Jl. Raya Sukowati dari Terminal Lama sampai simpang empat Poltas,” jelasnya.

Advertisement

Pesta rakyat itu diawali di Taman Krido Anggo dengan festival band pelajar. Kemudian ada pertunjukan musik di depan Toserba Matahari. Lalu di Alun-alun terdapat Sragen Creative Festival dengan menampilkan masak nasi atau mi goreng jumbo ala chef. Ada juga angkringan gratis, ngopi gratis, lanjut sampai depan Pasar Kota ada bursa UMKM.

Bursa UMKM juga akan dimeriahkan pertunjukan musik. Pada acara itu pedagang dan UMKM lain bisa berjualan di sepanjang Jl. Raya Sukowati. Pemkab sendiri menyiapkan 40 angkringan gratis untuk masyarakat. Pada angkringan gratis itu, kata dia, disajikan aneka makanan seperti nasi bungkus, es teh, teh panas, kopi, gorengan, dan sundukan.

“Nasi goreng jumbo itu disiapkan untuk porsi 350 orang. Nanti masakannya milih antara nasi goreng atau mi,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif