Otomotif
Kamis, 16 Januari 2014 - 18:30 WIB

NORTH AMERICAN INTERNATIONAL AUTO SHOW : Toyota FT-1 Tak Lagi Hanya di Game Gran Turismo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toyota FT-1 concept car tampil dalam The North American International Auto Show di Detroit, Michigan (JIBI/Solopos/Reuters/Rebecca Cook)

Solopos.com, DETROIT — Lama pamer tongkrongan di game Gran Turismo, kini pabrikan mobil asal Jepang Toyota mempertunjukkannya mobil concept bergenre sport seri FT-1 di dunia nyata. Perkenalan wujud nyata FT-1 itu kali pertama dilakukan Toyota pada pameran mobil North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Sebagian kalangan pengamat otomotif yang juga menggemari game tentu cukup lama mengenal FT-1 melalui game Gran Turismo. Namun, pada kenyataannya baru pada awal pekan ini, mobil concept itu tampil kali pertama dalam bentuk aslinya saat konferensi pers di NAIAS.

Advertisement

Seperti dikutip Kantor Berita Antara dari PR Newswire, Kamis (16/1/2014), FT merupakan singkatan dari Future Toyota sedangkan angka 1 melambangkan “mutakhir”.Menurut perancangnya, Calty Design Research, FT-1 Concept adalah ekspresi mutakhir dari desain-desain Toyota tipe coupe misalnya 2000GT, Celica, Supra, MR2 dan coupe terbaru Toyota, Scion FR-S.

FT-1 Concept juga terinspirasi dari rancangan Calty sebelumnya, yaitu FT-HS (2007) dan Lexus LF-LC (2012). FT-1 dilengkapi sayap belakang retractable yang akan terpasang pada kecepatan tinggi untuk menciptakan tambahan downforce.

Mesin FT-1 berada di depan sedangkan penggeraknya menggunakan roda belakang. Kokpit berada jauh di belakang sehingga berat kendaraan terbagi dengan lebih baik. Sejauh ini, belum ada data spesifikasi mesin FT-1 yang dipublikasikan Toyota.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif