Otomotif
Kamis, 16 Januari 2014 - 06:45 WIB

Audi Pasang Teknologi Deteksi Lampu Merah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Teknologi pendeteksi lampu merah pada dashboard Audi (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian orang yang selalu disibukkan dengan rutinitas padat tentu waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga.

Ilustrasi cara kerja sistem pendeteksi lampu merah (dailymail.co.uk)

Advertisement
Perusahaan otomotif asal Jerman, Audi menjawab keinginan bagi sebagian besar orang yang tak ingin membuang waktu mereka hanya untuk berhenti di lampu merah.

Dilansir Daily Mail, Selasa (14/1/2014), Audi tengah mengembangkan sebuah sistem yang dapat mencegah seseorang kehilangan waktu hanya untuk berhenti di lampu merah.

Sistem yang dinamai Traffic Light Assist ini dapat menunjukkan seberapa jauh lampu merah yang akan dilalui selanjutnya.

Advertisement

Sistem ini akan sangat membantu driver untuk mengatur waktu perjananan mereka sehingga dapat meminimalkan kemungkinan mereka terjebak pada lampu merah.

Pendeteksi lampu merah ini akan dipasang pada dashboard mobil yang terletak di depan driver.

Layar pada dashboard akan muncul ikon lampu lalu lintas dengan penghitung waktu mundur yang bertuliskan jumlah detik sebelum lampu merah selanjutnya berubah ke warna hijau.

Advertisement

Sistem ini dapat bekerja karena telah terhubung pada jaringan lalu lintas elektronik kota, sistem ini bahkan dapat mendeteksi perubahan jalur yang akan dilalui.

Data yang diambil dari pihak terkait di kota tersebut digunakan sebagai pedoman untuk memprediksi secara tepat berapa lama mobil akan sampai di lampu hijau.

Pihak perwakilan Audi menyatakan sistem yang mereka kembangkan ini dapat menciptakan efiseinsi waktu lalu lintas terutama di daerah metropolitan. Mereka juga mengklaim teknologi ini dapat mengurangi kadar CO2 hingga 15%.

“Sistem ini menunjukkan kepada driver untuk mengatur kecepatan dalam rangka untuk mencapai lampu lalu lintas berikutnya selama lampu hijau. Sinyal akustik juga memperingatkan pengemudi sebelum lampu merah,” ujar perwakilan Audi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif