Sport
Rabu, 15 Januari 2014 - 19:19 WIB

PIALA DUNIA 2014 : Webb Terpilih Jadi Wasit PD Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Howard Webb-TheTelegraph

Solopos.com, BERNE – Wasit Liga Premier Inggris, Howard Webb, kembali terpilih sebagai salah satu dari 25 wasit yang akan memimpin jalannya pertandingan di Piala Dunia (PD) 2014 Brazil medio Juni-Juli mendatang. Penunjukkan nama-nama pengadil lapangan hijau di Brazil 2014 ini diumumkan FIFA di Berne, Rabu (15/1/2014) waktu setempat.

Sebanyak 25 wasit Piala Dunia itu terdiri dari sembilan wasit dari Eropa, lima dari Amerika Selatan, empat dari Asia, masing tiga orang dari Afrika dan Zona CONCACAF, serta satu orang dari Oseania. Setiap wasit yang terpilih termasuk dalam satu tim, yang terdiri dari dua hakim garis.

Advertisement

Selain Howard, di antara wasit-wasit itu juga ada nama Felix Brych dari Jerman, Carlos Velasco (Spanyol), dan Nicola Rizzoli (Italia). Sementara, Prancis tak menyumbangkan satu wakil pun sebagai pengadil di lapangan hijau Piala Dunia.

“FIFA telah menerapkan program komprehensif untuk memastikan wasit untuk kompetisi andalan dalam kondisi puncak,” tulis pernyataan FIFA, seperti dilansir Reuters, Rabu.

“Para wasit yang dipilih untuk Piala Dunia di Brazil telah dipilih berdasarkan, terutama dari kepribadiannya dan kualitasnya dalam memahami sepak bola. Mereka juga mampu membaca permainan dan pendekatan taktis tim dalam setiap pertandingan.”

Advertisement

Webb merupakan wasit yang memimpin pertandingan pada partai final PD 2010 antara Spanyol kontra Belanda. Saat itu, wasit berkepala plontos ini mengeluarkan 14 kartu kuning dan satu kartu merah.

Meski demikian, Webb mendapat hujan kritik karena tak memberi kartu merah pada pemain Belanda, yang tampil kasar sejak babak pertama. Laga final PD 2010, akhirnya dimenangkan Spanyol dengan skor 1-0.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif