Soloraya
Rabu, 15 Mei 2024 - 13:26 WIB

Hadiri Puncak HUT Dekranas, Ibu Negara Iriana Jokowi: Pangling Bertemu Ibu-ibu

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ibu Negara Iriana Jokowi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Solo Selvi Ananda, dan para pengurus Dewan Kerajinan Nasional bergoyang pada puncak acara HUT ke-44 di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024). Penyanyi, Judika Nalom Abadi Sihotang dan Rosa menghibur para perempuan. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Ibu Negara Iriana Jokowi sempat dibuat pangling kepada para perempuan yang hadir dalam puncak syukuran peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024).

Para perempuan yang merupakan Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia. Ada 1.500 tamu undangan yang hadir dalam puncak syukuran peringatan HUT ke-44 Dekranas dan pembukaan ekspo Dekranas 2024.

Advertisement

“Saya tadi masuk pangling semua karena ibu-ibu memakai kain masing-masing daerah. Hari istimewa ini saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 44 tahun Dewan Kerajinan Nasional,” jelas dia sebelum membuka acara.

Iriana tidak banyak menyampaikan statement. Dia memukul gong sebagai tanda dibuka ekspo Dekranas yang berlangsung Rabu-Sabtu (15-18/5/2024) di Pamedan Pura Mangkunegaran. Berbagai kerajinan dari masing-masing provinsi terkurasi dalam 257 booth.

Penyanyi, Judika Nalom Abadi Sihotang dan Rosa menghibur para perempuan. Para perempuan termasuk Iriana dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Solo Selvi Ananda ikut bergoyang, antara lain pada saat lagu Ojo Dibandingke dan Rungkad.

Advertisement

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin menjelaskan Dekranas merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan industri kerajinan Indonesia. Kerajinan Indonesia memiliki perjalanan panjang dengan tantangan dan prestasi.

“Kerajinan Indonesia jadi perhatian tingkat nasional maupun internasional. Tak lepas dati peran perajin, desainer, media, pelaku UMKM, pemerintah, dan lembaga terkait untuk mengangkat produk Indonesia ke panggung dunia,” papar dia.

Menurut dia, kerajinan Indonesia menghadapi tantangan situasi global yang sedang memanas. Butuh kreativitas dan keuletan dalam menambah kualitas produk kerajinan serta menambah jaringan pasar untuk ekspor.

Advertisement

“Kerajinan harus menerapkan keberlanjutan lingkungan, meningkatkan kesejahteraan, dan menjalankan regenerasi. Butuh semua aspek untuk mengembangkan warisan budaya dengan baik,” papar dia.

Wakil Ketua Harian Dekranas Loemongga Haoemasan Agus Gumiwang mengatakan rangkaian HUT ke-44 Dekranas sudah dilakukan sejak Maret lalu melalui pelatihan, pendampingan, workshop.

“Hari ini merupakan puncaknya, nanti ada parade mobil hias kriya budaya rute Stadion Sriwedari sampai Pura Mangkunegaran. Kegiatan ekspo di Pura Mangkunegaran selama empat sampai Sabtu. Ada 257 stan produk ekonomi kreatif, kuliner nusantara, layanan pembinaan bagi perajin,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif