Lifestyle
Selasa, 14 Januari 2014 - 06:15 WIB

MANFAAT KOPI : Secangkir Kopi Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi secangkir kopi (Istimewa/wallsave.com)

Solopos.com, SOLO – Kabar baik bagi Anda pencinta kopi. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh lebih dari 100 orang yang telah minum kopi menghasilkan sebuah fakta yang cukup mengejutkan. Ternyata kafein 200mg yang setara dengan satu cangkir kopi dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

Dilansir Daily Mail, Minggu (12/1/2014), dalam penelitian ini relawan yang terlibat diharuskan untuk mengidentifikasi objek tertentu. Sebelumnya mereka terlebih dahulu dibagi menjadi 2 kelompok.

Advertisement

Satu kelompok diberikan secangkir kopi dan kelompok kedua hanya diberikan placebo (obat tertentu). Setelahnya air liur mereka diambil sebagai sample untuk mengukur kadar kafein yang ada dalam tubuh mereka.

Keesokan harinya mereka diuji dengan menunjukkan gambar yang sama dari yang telah diperlihatkan sebelumnya. Gambar-gambar tersebut juga telah ditambahkan beberapa gambar baru serupa yang kemudian diacak.

Hasilnya, kelompok peminum kopi yang memiliki kadar kafein yang lebih tinggi memiliki kemampuan daya ingat yang lebih bagus dalam mengingat gambar jika dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki kandungan sedikit kafein atau bagi kelompok peminum placebo.

Advertisement

Penelitian ini juga menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kenangan tertentu setidaknya hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Hasil penemuan tak biasa ini kemudian dipublikasikan dalam sebuah jurnal Nature Neuroscience.

Salah seorang peneliti, Dr Michael Yassa dari University of California mengatakan, “kafein meningkatkan konsolidasi kenangan jangka panjang. Kami tahu bahwa kafein memiliki efek kognitif. Efek khusus yang ada pada kafein secangkir kopi dapat berefek khusus terhadap penguatan kenangan dan membuat mereka tahan untuk tidak lupa.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif