Jogja
Minggu, 12 Januari 2014 - 08:13 WIB

Rp900 Juta untuk Bangun Kolam Renang di Parangtritis

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kbaupaten Bantul mengeluarkan dana Rp900 juta hingga Rp1 miliar untuk pembangunan kolam renang di kawasan Pantai Parangtritis.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Bambang Legowo mengatakan pemerintah kini tengah memikirkan siapa dan bagaimana pengelolaan fasilitas kolam renang tersebut. Ide awalnya kata Bambang, kolam renang dikelola oleh desa.

Advertisement

Hanya saja, untuk menuju ke sana perlu ada payung hukum berupa Peraturan Bupati (Perbup). “Kalau kami maunya desa yang mengelola biar pendapatannya juga masuk ke desa, hanya harus diputuskan lewat Perbup,” terang Bambang, baru-baru ini.

Ia memastikan, pengguna kolam renang itu akan dipungut tiket masuk.

Ditambahkannya, pemerintah terus berupaya mengembangkan objek wisata yang merupakan penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata tersebut. Tak hanya kolam renang, fasilitas rest area seperti gazebo juga direncanakan dibangun di Parangtritis.

Advertisement

Pemkab Bantul menggelontorkan anggaran hingga Rp900 juta atau hampir Rp1 miliar tahun ini untuk membangun sejumlah fasilitas baru itu.

“Sembilan ratus juta itu untuk semua fasilitas jadi sudah komplet tidak hanya kolam renang,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada 2012, Pantai Parangtritis menyumbang pendapatan daerah hingga Rp7 miliar. Jauh lebih tinggi dibanding pendapatan dari objek wisata lainnya. Pada malam pergantian 2013 saja, pantai ini dikunjungi hingga 12.000 wisatawan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif