Lifestyle
Senin, 6 Januari 2014 - 08:15 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Salah Pola Makan Berdampak Buruk bagi Tubuh

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan makanan sehat (kodjoworkout.com)

Solopos.com, SOLO – Diet mengatur pola makan memang baik untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Di samping itu menghindari makanan yang banyak mengandung lemak trans juga dapat menyehatkan tubuh.

Tapi ternyata tak banyak yang tahu kesalahan yang lazim dilakukan oleh seseorang yang justru akan membuat tubuh menjadi tak sehat. Huffingtonpost, Minggu (5/1/2013), mengungkapkan beberapa kesalahan yang tak banyak orang tahu dan justru berdampak buruk bagi kesehatannya, berikut ulasannya:

Advertisement

Sarapan Terlalu Ringan
Sarapan yang terlalu ringan dapat menyebabkan Anda rentan terhadap rasa lapar yang berlebihan pada siang harinya. Karenanya Anda akan cenderung makan secara berlebihan pada jam makan selanjutnya.
Idealnya kita perlu menambahkan asupan protein dalam menu sarapan. Anda dapat menambahkan telur atau susu untuk meningkatkan kadar protein sarapan Anda.

Tak Cukup Sayuran pada Makan Siang
Menu makan siang justru identik dengan meninggalkan sayuran. Orang biasa mencari menu makan siang yang praktis namun tetap enak. Pola makan semacam itu keliru dan harus ditinggalkan. Sayuran sangat penting untuk tubuh, kandungan seratnya membantu sistem percernaan.
Solusi atas pola makan tak sehat saat makan siang adalah dengan membawa bekal dari rumah. Membawa bekal makanan dari rumah tidak hanya tepercaya akan kualitas dari makanannya tapi juga mendapat efisiensi waktu.

Makan Terlalu Malam
Gaya hidup yang sibuk serta kemacetan yang biasa terjadi di kota besar pada jam pulang kantor mengakibatkan waktu makan malam menjadi tertunda. Padahal tubuh kita memerlukan 10 jam sampai 12 jam tanpa makanan untuk membentuk berat badan ideal dan mencegah nafsu makan secara berlebih.
Solusi atas problem itu adalah setelah Anda makan berat pada siang hari, Anda dapat mengganti makanan makan malam dengan sup atau salad jika waktu telah menunjukkan pukul 20.00.

Advertisement

Makan Terlalu Cepat
Tergesa-gesa ketika makan ternyata tak baik untuk sistem pencernaan Anda. Makan terlalu cepat dapat mengakibatkan konsumsi makanan secara berlebihan karena ternyata tubuh juga memerlukan waktu untuk mendeteksi rasa kenyang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif