Jatim
Jumat, 3 Mei 2024 - 21:38 WIB

Inka Bikin Kereta New Generation, Punya Fitur Berbeda dari Kereta Tipe Lama

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kursi yang ada di kereta New Generation bikinan PT Inka. (Istimewa/PT Inka)

Solopos.com, MADIUN – PT Industri Kereta Api (Inka) saat ini masih mengerjakan proyek dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) berupa pembuatan kereta api New Generation. Kereta api model terbaru ini memiliki keunggulan yang lebih canggih dibandingkan kereta generasi sebelumnya.

Hingga April 2024, Inka telah mengirimkan sebanyak 11 trainset kereta New Generation yang terdiri dari delapan rangkaian kelas eksekutif (K1), dua rangkaian kelas ekonomi (K3), serta satu rangaian campuran yang terdiri dari 4 car K1, 5 car K3, 1 kereta makan, dan dan satu kereta pembangkit.

Advertisement

Senior Manajer Hubungan Masyarakat dan Kantor Perwakilan PT Inka, Agung Dwi Cahyono, mengatakan selain kereta New Generation tersebut, pihaknya juga telah merampungkan pekerjaan berupa tiga car non-trainset yang terdiri dari satu gerbong kereta makan dan dua gerbong kereta bagasi.

Seluruh rangkaian gerbong kereta tersebut telah dikirimkan ke PT KAI. Sedangkan rangkaian trainset 12 tengah memasuki proses pengujian dinamis di lintasan. Sementara itu, untuk trainset selanjutnya masih dalam proses produksi di pabrik Inka Madiun.

Advertisement

Seluruh rangkaian gerbong kereta tersebut telah dikirimkan ke PT KAI. Sedangkan rangkaian trainset 12 tengah memasuki proses pengujian dinamis di lintasan. Sementara itu, untuk trainset selanjutnya masih dalam proses produksi di pabrik Inka Madiun.

“Tentunya PT Inka berdedikasi akan terus memberikan kualitas terbaik untuk transportasi perkeretaapian Indonesia. Kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dalam memastikan kualitas produk melalui tahapan pengujian yang berlaku. Kami berharap kereta New Generation ini menjadi wujud perkembangan transportasi perkeretaapian di Indonesia,” kata Agung, Jumat (3/5/2024).

Agung menuturkan kereta generasi terbaru bikinan Inka ini memiliki keunggulan yang cukup signifikan dibandingkan kereta generasi sebelumnya. Semisal di kelas ekonomi yang telah digunakan pada rangkaian KA Majapahit, kapasitas gerbong yang dulunya sebanyak 106 kursi dengan formasi 3-2 serta sandaran tegak lurus dan saling berhadapan.

Advertisement

Selain itu, ada beberapa fitur yang dapat dinikmati di berbagai kelas lainnya, seperti Digital Passenger Information & Display System, Customer Service on Train yang ditampilkan dalam bentuk nomor kereta digital, nomor kursi digital, estimated time of arrival (ETA), informasi stasiun tujuan terakhir, saat ini dan yang akan dilalui.

Selain itu juga ada informasi status pintu terbuka/tertutup, status isi/kosong toilet, suhu ruangan, baris tempat duduk, serta nama dan nomor handphone petugas.

Agung menuturkan perbedaan yang dirasa cukup signifikan dengan gerbong kereta versi lama adalah adanya pintu otomatis yang dilengkapi dengan anti-trap. Pintu otomatis di kereta New Generation ini meliputi pintu masuk bordes serta pintu masuk ruang penumpang dan penghubung antar-kereta.

Advertisement

“Kereta new generation dari PT Inka juga telah dilengkapi dengan corrugated bellow pada sambungan antar kereta. Dengan demikian, kebisingan pada kereta dapat diredam lebih baik sehingga perjalanan akan menjadi lebih aman dan nyaman bagi para penumpang kereta,” jelas dia.

 

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kereta Api PT INKA PT KAI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif