Otomotif
Minggu, 5 Januari 2014 - 23:50 WIB

IQS AWARD 2013 : Avanza dan Innova Peroleh IQS Award Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Toyota Kijang Innova (Alby AlbahiJIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — JD Power Asia Pacific, lembaga studi yang peduli dengan kualitas produk di kawasan Asia Pasific, di pengujung 2013 lalu memberikan nilai apresiasi tinggi kepada dua produk otomotif pada segmen multi purpose vehicle (MPV), yakni Avanza dan Kijang Innova. Kedua produk pada segmen MPV itu pun diganjar IQS (Initial Quality Study) Awards 2013.

Bukan sekali ini Avanza dan Innova meraih penghargaan tersebut. Pada tahun lalu, kedua varian Toyota MPV itu juga diganjar IQS Award 2012. Berdasarkan penelitian IQS mengenai studi kualitas awal produk pada 2013, kedua tipe kendaraanan andalan Toyota di pasar Indonesia ini mendapat peringkat tertinggi sebagai produk kendaraan berkualitas di segmen itu yang menjadi pertimbangan utama konsumen untuk membeli kendaraan.

Advertisement

Menurut Direktur JD Power Asia Pacific Rajeev Nair, kualitas awal kendaraan, baik kualitas produk yang sebenarnya dan persepsi konsumen sangat penting bagi calon pembeli dalam proses mempertimbangkan melakukan pembelian. “Konsumen lebih banyak mendapat informasi tentang kualitas kendaraan dari situs otomotif Internet dan forum online, dan bergantung pada informasi yang saat membeli kendaraan baru,” kata Rajeev dalam laporannya yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (5/1/2013).

Dia menambahkan, sebagian besar konsumen di Indonesia yang baru pertama kali membeli mobil baru sangat dipengaruhi informasi dari mulut ke mulut ataupun rekomendasi konsumen lain yang telah memiliki sebelumnya. “Jadi suatu merek yang bisa menghasilkan kualitas lebih tinggi dari harapan konsumen akan diuntungkan dari rekomendasi seperti itu,” tutur Nair.

Advertisement

Dia menambahkan, sebagian besar konsumen di Indonesia yang baru pertama kali membeli mobil baru sangat dipengaruhi informasi dari mulut ke mulut ataupun rekomendasi konsumen lain yang telah memiliki sebelumnya. “Jadi suatu merek yang bisa menghasilkan kualitas lebih tinggi dari harapan konsumen akan diuntungkan dari rekomendasi seperti itu,” tutur Nair.

JD Power yang telah melakukan penelitan IQS lebih dari 10 tahun di pasar Indonesia mencatat sedikitnya 52%  dari pemilik kendaraan baru menyebutkan kualitas sebagai salah satu pertimbangan utama ketika memutuskan untuk membeli kendaraan mereka. Studi ini juga menemukan bahwa 59% pemilik mengakui reputasi atau kehandalan dan merek serta model juga menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memutuskan membeli kendaraan.

Reputasi Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova di dalam negeri untuk masing-masing segmen pasarnya (low MPV dan MPV) masih belum tertandingi, dimana terlihat dari tingginya angka penjualan di dalam negeri dan ekspor untuk kedua kendaraan tersebut juga telah menjadi bukti bahwa kedua MPV Toyota dari Indonesia ini telah berhasil memenuhi standar kualitas global dengan baik. Di dalam negeri dari Januari-November 2013 Toyota Avanza masih mendominasi pasar dengan angka penjualan 193.000 unit dan Kijang Innova 59.000 unit, atau diatas 50% dari total penjualan Toyota di Indonesia.

Advertisement

Gairahkan Pasar

Kesuksesan dua produk andalan segmen MPV dan low MPV dari PT Toyota Astra Motor ini turut mendorong persaingan pasar segmen ini pada 2013. Lihat saja, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk semua produk ATPM, segmen ini sangat bergairah dengan kencang bahkan hampir menguasai 40-50% pasar otomotif di Indonesia.

Di segmen low MPV, penjualan selama sebelas bulan tercatat mencapai 351.874 unit atau menguasai pangsa pasar mencapai 32,02%. Toyota Avanza memberikan kontribusi terbesar dalam penjualan dengan menyumbang penjualan pada periode Januari—November mencapai 196.039 unit. Pada posisi kedua, Daihatsu Xenia bahkan menorehkan penjualan pada periode yang sama menjadi 62.688 unit, dan diikuti oleh seteru lainnya Suzuki Ertiga dengan catatn penjualan mencapai 57.918 unit. Sementara itu, pendatang baru dari Amerika Serikat yang berada di bawah bendera PT General Motors Indonesia melalui produksi Chevrolet Spin juga sedang bertumbuh baik dengan penjualanya usai hadir di Indonesia pada Mei 2013 dengan mengukuhkan penjualan mencapai 10.033.

Advertisement

Adapun, dari segmen MPV, Toyota Innova masih menjadi pemimpin dengan penjualan sepanjang sebelas bulan mencapai 59.720 unit, di ikuti oleh Nissan Grand Livina 32.435 unit, dan KIA Carens 253 unit. Dengan demikian, sepanjang Januari—November 2013 MPV mencatatkan penjualan 114.934 unit dengan pangsa pasar mencapai 10,46%.

Melihat pertumbuhan ini, Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy merasa yakin bahwa pada 2014, segmen ini akan semakin bergairah karena pihak HPM juga telah memperkenalkan produk Honda Mobilio ke konsumen. “Kami yakin akan menjadi persaingan yang seru karena semua ATPM pasti akan bermain di segmen ini,” tuturnya.

Jonfis yakin, produk Honda Mobilio yang terbaru bakalan menjadi pemain baru pada tahun ini dan bisa menyumbang total penjualan keseluruhan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif