Gunung Raung (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean) Gunung Raung (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)
Minggu, 5 Januari 2014 22:15 WIB JIBI/Solopos/Antara Peristiwa Share :

Gunung Raung Berstatus Waspada

Solopos.com, JAKARTA — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Minggu (5/1/2014) pukul 14:00 WIB menaikkan status Gunung Raung di Kabupaten Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso, Jawa Timur menjadi waspada.

“PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status dari normal menjadi waspada dengan terjadinya peningkatan aktivitas vukanik Gunung Raung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Sutopo menjelaskan perubahan status Gunung Raung itu didasarkan pada adanya peningkatan gempa embusan dan perubahan asap menjadi putih kecokelatan sejak Sabtu (4/1/2013). “Ancaman saat ini hanya berada di sekitar kawah,” katanya.

Oleh karena itu, menilik perkembangan kondisi tersebut BNPB merekomendasikan agar warga masyarakat sekitar dan para pendaki tidak bergerak mendekati kawah. “Sedikitnya dalam radius dua kilometer dari pusat kawah,” katanya.

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…