News
Minggu, 5 Januari 2014 - 22:15 WIB

Gunung Raung Berstatus Waspada

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Raung (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Solopos.com, JAKARTA — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Minggu (5/1/2014) pukul 14:00 WIB menaikkan status Gunung Raung di Kabupaten Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso, Jawa Timur menjadi waspada.

“PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status dari normal menjadi waspada dengan terjadinya peningkatan aktivitas vukanik Gunung Raung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Advertisement

Sutopo menjelaskan perubahan status Gunung Raung itu didasarkan pada adanya peningkatan gempa embusan dan perubahan asap menjadi putih kecokelatan sejak Sabtu (4/1/2013). “Ancaman saat ini hanya berada di sekitar kawah,” katanya.

Oleh karena itu, menilik perkembangan kondisi tersebut BNPB merekomendasikan agar warga masyarakat sekitar dan para pendaki tidak bergerak mendekati kawah. “Sedikitnya dalam radius dua kilometer dari pusat kawah,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif