News
Sabtu, 4 Januari 2014 - 21:15 WIB

KENAIKAN HARGA ELPIJI : Kenaikan Harga Elpiji Tak Dilaporkan ke Presiden, Demokrat Menolak

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KENAIKAN GAS ELPIJI 12 KG Pekerja menata tumpukan gas elpiji 12 kg di salah satu agen di Jakarta, Selasa (2/1). Untuk menekan kerugian bisnis elpiji 12 kg yang mencapai rata-rata Rp6 triliun per tahun, Pertamina menaikkan harga elpiji nonsubsidi tabung 12 kg secara serentak di seluruh Indonesia dengan rata-rata kenaikan di tingkat konsumen sebesar Rp3.959 per kg atau 68% menjadi Rp117.708 per tabung setelah harga sebelumnya Rp70.200 per kg.

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, menegaskan penolakan partainya terhadap rencana kenaikan harga elpiji 12 kg oleh Pertamina.

“Partai Demokrat  tidak setuju dan menolak kenaikan harga elpiji 12 kg oleh Pertamina. Karena dengan kenaikan harga elpiji ini, apalagi kenaikan harga lebih dari 60%, akan menimbulkan inflasi ataupun kenaikan harga yang akhirnya akan membebani rakyat kita,” kata Ibas dalam keterangan pers, Sabtu (4/1/2014).

Advertisement

Ibas khawatir harga elpiji 12 kg akan menimbulkan lonjakan kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya. Menurutnya, dengan kenaikan BBM tahun lalu, inflasi atau harga-harga kebutuhan pokok ikut naik meskipun saat itu pemerintah bisa menstabilkan lonjakan harga dengan segera.

“Kondisi seperti ini jangan sampai terulang lagi dan jangan ada kebijakan apapun yang justru bisa memicu kenaikan harga kebutuhan pokok,” paparnya.

Untuk itu, politisi muda ini menambahkan Partai Demokrat mendesak pemerintah segera mengambil tindakan agar kenaikan harga elpiji 12 kg oleh Pertamina ditinjau kembali. Dia menilai harus diadakan perubahan seperlunya untuk menstabilkan ekonomi, stabilitas harga harus terus terjaga, dan tidak membebani rakyat. “Ini kebijakan korporat [Pertamina] dan kami yakin rencana kenaikan harga elpiji ini tidak dilaporkan kepada Presiden,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif